HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) TERHADAP PERILAKU PENGGUNAAN MASKER PADA PEKERJA MEBEL KAYU

NEVA FIYOLLA PALUPI, NIM. 702017087 (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) TERHADAP PERILAKU PENGGUNAAN MASKER PADA PEKERJA MEBEL KAYU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017087_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (985kB) | Preview
[img] Text
702017087_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)

Abstract

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) merupakan infeksi saluran pernapasan atas maupun bawah yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Faktor risiko ISPA adalah polusi, kelembapan, kebersihan, musim dan ada faktor lain seperti perilaku merokok, masa kerja, lama pajanan dan penggunaan masker. Salah satu upaya untuk mencegah masuknya debu ke saluran pernapasan adalah dengan menggunakan APD seperti masker. Namun perilaku penggunaan masker di industri kecil kecil seperti mebel kayu masih sulit diterapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan mengenai ISPA terhadap perilaku penggunaan masker pada pekerja mebel kayu. Penelitian ini menggunakan desain crossectional. Populasi penelitian ini yaitu pekerja mebel kayu di Kecamatan Sembawa dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Sampel yang didapatkan yaitu 43 responden, data didapatkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan uji chi square. Dari analisa statistik hubungan tingkat pengetahuan mengenai ISPA terhadap perilaku penggunaan masker diperoleh nilai PR = 2,990 (95% CI : 1,292-6,922) dan nilai p = 0,004. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan mengenai ISPA terhadap perilaku penggunaan masker pada pekerja mebel kayu di Kecamatan Sembawa, dimana tingkat pengetahuan mengenai ISPA yang kurang menyebabkan perilaku penggunaan masker yang kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Ratika Febriani, M.Biomed 2. dr Budi Utama, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), masker, pekerja mebel kayu
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Pendidikan Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 18 Feb 2021 01:29
Last Modified: 20 Feb 2021 01:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14221

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.