HUBUNGAN ERGONOMISITAS KURSI DENGAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL PADA PEKERJA DI PERUSAHAAN PETROCHINA JAMBI

TALITHA DENANEER, NIM. 702017003 (2021) HUBUNGAN ERGONOMISITAS KURSI DENGAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL PADA PEKERJA DI PERUSAHAAN PETROCHINA JAMBI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017003_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (844kB) | Preview
[img] Text
702017003_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)

Abstract

Keluhan muskuloskeletal terjadi akibat cedera yang terakumulasi akibat pekerja duduk terlalu lama dengan ukuran kursi yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh, sehingga menimbulkan sakit, dan nyeri pada anggota tubuh. Ergonomisitas kursi yang baik mampu menjaga postur, sirkulasi, dan terhindar dari ketidaknyamanan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara ergonomisitas kursi dengan keluhan muskuloskeletal pada pekerja di perusahaan Petrochina Jambi. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di Perusahaan Petrochina Jambi. Jumlah sampel sebanyak 32 pekerja. Pengambilan sampel dilakukan secara Total Sampling. Penelitian ini dilaksanakan dibagian Operasi dan Produksi di Perusahaan Petrochina Jambi. Populasi pada penelitian adalah semua pekerja di bagian operasi dan produksi yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi pada periode Oktober-Desember 2020. Pada penelitian didapatkan pekerja dengan ergonomisitas kursi yang tidak sesuai mengalami keluhan muskuloskeletal sebanyak 16 orang (80%), ergonomisitas yang tidak sesuai tidak mengalami keluhan muskuloskeletal sebanyak 4 orang (20%), ergonomisitas yang sesuai mengalami keluhan muskuloskeletal sebanyak 3 orang (25%), dan ergonomisitas sesuai tidak mengalami keluhan muskuloskeletal sebanyak 9 orang (75%). Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara Ergonomisitas Kursi dengan Keluhan Muskuloskeletal pada Pekerja di Perusahaan Petrochina Jambi (p=0,004). Kata Kunci: Ergonomisitas kursi, keluhan muskuloskeletal, nyeri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. RA. Tanzila, M.Kes. 2. dr. Melinda Rachmadianty
Uncontrolled Keywords: Ergonomisitas kursi, keluhan muskuloskeletal, nyeri
Subjects: Pendidikan Kedokteran > penyakit pada tulang dan otot
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 17 Feb 2021 06:16
Last Modified: 17 Feb 2021 06:16
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14219

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.