PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PADA PENGUNJUNG PASIEN PENDERITA DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) YANG DI RAWAT DI RUMAH SAKIT PALEMBANG

M. ABIDINSYAH, NIM. 702016020 (2021) PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PADA PENGUNJUNG PASIEN PENDERITA DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) YANG DI RAWAT DI RUMAH SAKIT PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702016020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702016020_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah demam naik turun yang diikuti dengan tanda kebocoran plasma dan hasil trombosit <100.000/mm3 dalam waktu 7 hari yang disebabkan oleh virus dengue, dengan Case Fatality Rate 0,14% dan incident rate 44,49%. Pencegahan merupakan satu-satunya cara yang tepat untuk menanggulangi penyakit DBD, salah satunya dengan melakukan penyuluhan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan masyarakat yang berisiko. Pasien yang dirawat di rumah sakit cenderung sering dikunjungi oleh keluarga maupun kerabat dekat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan pada pengunjung pasien penderita DBD yang di rawat di Rumah Sakit Palembang. Jenis penelitian pre experimental dengan rancangan one group menggunakan data primer dari semua pengunjung pasien yang didiagnosis DBD yang dirawat inap di RSMP dan RS Palembang Bari dengan besar sampel sebanyak 34 responden yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Data didapatkan melalui pengisian kuesioner oleh responden sebelum (pretest) dan setelah (post test) diberikan penyuluhan. Data kemudian dianalisis secara bivariat. Hasil uji statistik menggunakan uji Marginal homogenity menunjukkan terdapat perbedaan tingkat pengetahuan antara sebelum dan sesudah penyuluhan dengan nilai p-value=0,001. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan pada pengunjung pasien DBD yang di rawat di Rumah Sakit Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Ahmad Ghiffari, M.Kes 2. drg. Dientyah Nur Anggina, MPH
Uncontrolled Keywords: DBD, Penyuluhan, Pengunjung Rawat Inap, Tingkat Pengetahuan
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 18 Feb 2021 01:33
Last Modified: 18 Feb 2021 01:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14211

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.