Hubungan Faktor Risiko Kejadian Dermatitis Kontak Tangan pada Pekerja Bengkel Motor di Kecamatan Plaju

Al Hadi, NIM. 702017073 (2021) Hubungan Faktor Risiko Kejadian Dermatitis Kontak Tangan pada Pekerja Bengkel Motor di Kecamatan Plaju. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017073_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
702017073_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)

Abstract

Dermatitis kontak adalah suatu keadaan inflamasi atau radang non infeksi pada kulit yang diakibatkan oleh senyawa yang kontak dengan kulit yang bersifat iritan atau alergen. Terjadinya dermatitis kontak dapat juga di sebabkan oleh tiga faktor yaitu faktor kimiawi, faktor mekanis/fisik, faktor biologis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara lama kontak, masa kerja, riwayat penyakit kulit, riwayat atopi, riwayat personal hygiene, dan riwayat penggunaan APD dengan kejadian dermatitis kontak pada pekerja bengkel motor di Kecamatan Plaju. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada pekerja bengkel di Kecamatan Plaju kota Palembang. Jumlah sampel sebanyak 30 pekerja. Pengambilan sampel dilakukan secara Total Sampling. Populasi penelitian adalah semua pekerja bengkel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi pada periode Oktober-Desember 2020. Pada penelitian didapatkan pekerja yang mengalami dermatitis kontak sebanyak 27 orang (90%), pekerja yang tidak mengalami dermatitis kontak sebanyak 3 orang (10%), ada hubungan antara lama kontak dengan kejadian dermatitis kontak dengan p value=0,009, ada hubungan antara masa kerja dengan kejadian dermatitis kontak dengan p value=0,005, tidak ada hubungan antara riwayat penyakit kulit dengan kejadian dermatitis kontak dengan p value=0,537, ada hubungan antara riwayat atopi dengan kejadian dermatitis kontak dengan p value=0,009, ada hubungan antara personal hygiene dengan kejadian dermatitis kontak dengan p value=0,002, tidak ada hubungan antara penggunaan APD dengan kejadian dermatitis kontak dengan p value=0,548.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.dr. Raden Pamudji, Sp.KK 2. dr. Melinda Rachmadianty
Uncontrolled Keywords: Dermatitis Kontak, Lama Kerja, Masa Kerja, Riwayat Penyakit Kulit, Riwayat Atopi, Personal Hygiene, Penggunaan APD.
Subjects: Pendidikan Kedokteran > penyakit kulit, rambut, kuku
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 17 Feb 2021 01:07
Last Modified: 17 Feb 2021 01:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14206

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.