AKIBAT HUKUM PERJANJIAN PERKAWINAN APABILA TERJADI PERCERAIAN MELALUI PENGADILAN AGAMA PALEMBANG

M. Aji Nurrahman, NIM. 502014097 (2018) AKIBAT HUKUM PERJANJIAN PERKAWINAN APABILA TERJADI PERCERAIAN MELALUI PENGADILAN AGAMA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502014097_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502014097_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)

Abstract

Perjanjian perkawinan adalah perjanjian yang dilakukan oleh calon suami/istri mengenai kedudukan harta setelah mereka melangsungkan perkawinan. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah : Apakah pengaruh perjanjian perkawinan apabila terjadi perceraian melalui Pengadilan Agama Palembang ? Bagaimanakah akibat hukum perjanjian perkawinan apabila terjadi perceraian melalui Pengadilan Agama Palembang. Sesuai dengan judul dan beberapa permasalahan yang telah dikemukakan di atas, jenis penelitian hukum ini adalah “penelitian hukum sosiologis” yang dimaksudkan objek kerjanya meliputi data-data sekunder yang ada di perpustakaan. Tipe penelitian ini adalah bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan. Kesimpulan yang diperoleh adalah : Pengaruh perjanjian perkawinan apabila terjadi perceraian melalui Pengadilan Agama Palembang, apabila salah satu pihak tidak melaksanakan perjanjian kawin dan merugikan pihak lain, maka dimintakan ganti rugi kepada pihak yang merasa dirugikan itu ke Pengadilan, baik tuntutan mengenai pelaksanaan perjanjian maupun tuntutan ganti rugi. Dan Akibat hukum perjanjian perkawinan apabila terjadi perceraian melalui Pengadilan Agama Palembang, maka perjanjian perkawinan tersebut tetap diterapkan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak, terutama yang bersangkut paut dengan pembagian harta bersama sebagai akibat dari perceraian tersebut. Kata Kunci: Perjanjian Perkawinan, Perceraian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, Rusniati, S.E,, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Perkawinan, Perceraian.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:19
Last Modified: 16 Feb 2021 03:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14188

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.