EFEKTIVITAS METODE TABARAK DALAM MEMPERCEPAT MENGHAFAL AL-QUR’AN ANAK DI RUMAH QUR’AN EL-FAJR PALEMBANG

FITRI ANGGRAINI, NIM. 612016080 (2020) EFEKTIVITAS METODE TABARAK DALAM MEMPERCEPAT MENGHAFAL AL-QUR’AN ANAK DI RUMAH QUR’AN EL-FAJR PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016080_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016080_BAB II_SAMPAI _BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Anggraini, 2020. Efektivitas Metode Tabarak Dalam Mempercepat Menghafal Al-Qur’an Anak di Rumah Qur’an El-Fajr Palembang. Menghafal Al-Qur’an merupakan perbuatan yang sangat mulia. Banyak sekali metode menghafal Al-Qur’an yang kita temui, begitu pula metode menghafal yang ditemui di Rumah Qur’an El-Fajr yaitu metode tabarak. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode Tabarak di Rumah Qur’an El-Fajr, sejauhmana efektivitas metode Tabarak dalam mempercepat menghafal Al-Qur’an anak di Rumah Qur’an El-Fajr Palembang, dan apa faktor pendukung dan penghambat metode Tabarak dalam mempercepat menghafal Al-Qur’an anak di Rumah Qur’an El-Fajr Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif metode tabarak dalam mempercepat menghafal Al-Qur’an anak di Rumah Qur’an El-Fajr Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder, subyek penelitian, tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah observasi, wawancara dan dokumentasi, dan metode yang digunakan dalam analisis data ialah reduksi, display data dan verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Pelaksanaan metode tabarak di Rumah Qur’an El-Fajr Palembang meliputi 3 sesi yang berlangsung yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pertama, persiapan untuk menyetorkan hafalan biasanya dilakukan pada jam pembelajaran. Kedua, pelaksanaan metode tabarak terbagi menjadi 3 yaitu anak mendengar hafalan, muroja’ah bersama-sama dan setoran hafalan ke ustadzah, Muroja’ah kembali dan persiapan hafalan baru. Ketiga, evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui batas hafalan anak dan kendala apa saja yang harus diperbaiki. (2) Metode tabarak di Rumah Qur’an El-Fajr Palembang dinilai sudah efektif sesuai dengan tujuan hafalan Al-Qur’an yaitu penghafal Qur’an mampu untuk disima’ hafalannya secara keseluruhan. (3) Faktor pendukung yaitu memanfaatkan media elektronik dalam proses pembelajarannya, kedisiplinan anak, motivasi dan Reward yang diberikan ketika anak mencapai target hafalan, faktor usia, Muyassiroh (guru), Lingkungan yang Qura’ni dan Buku setoran atau kartu muroja’ah. Faktor penghambat yaitu kurangnya perhatian dan bimbingan orang tua terhadap hafalan Al-Qur’an anak ketika mereka berada di Rumah, kelelahan, dan Kurangnya waktu anak untuk menghafal Al-Qur’an. Kata Kunci: Menghafal Al-Qur’an, Metode Tabarak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Ruskam Sua'idi, M.H.I 2. Achmad Tasmi, S.Sos.I., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur'an, Metode Tabarak
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Pendidikan Agama Islam > Metodelogi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 15 Feb 2021 05:59
Last Modified: 15 Feb 2021 05:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14174

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.