FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR PADA ANAK DARI IBU PEKERJA BURUH DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS SUKA DAMAI MUSI BANYUASIN

FITRI DWI ANGGRAINI, NIM.702017046 (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR PADA ANAK DARI IBU PEKERJA BURUH DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS SUKA DAMAI MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017046_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017046_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Imunisasi merupakan upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tubuh tidak terinfeksi suatu penyakit, atau meskipun terinfeksi penyakit tidak menimbulkan komplikasi bagi tubuh.Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kelengkapan imunisasi dasar pada anak dari ibu pekerja buruh di wilayah kerja UPTD Puskesmas Suka Damai Musi Banyuasin.Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 102 orang yang memenuhi kriteria inklusi.Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling.Populasi pada penelitian ini adalah ibu pekerja buruh yang memiliki anak usia 1-5 tahun yang telah melakukan imunisasi dasar di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Suka Damai Musi Banyuasin. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa sebanyak 13 anak (12,7%) tidak mendapatkan imunisasi dasar secara lengkap dan 89 anak (87,3%) mendapatkan imunisasi dasar secara lengkap. Hasil analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik kolmogorov-smirnov didapatkan nilai (p=1,000) artinya pendidikan ibu tidak memengaruhi kelengkapan imunisasi dasar, begitu juga dengan usia ibu didapatkan nilai (p=1,000) artinya usia ibu tidak memengaruhi kelengkapan imunisasi dasar. Hasil analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik chi square didapatkan nilai (p=0,561) artinya pengetahuan ibu tidak memengaruhi kelengkapan imunisasi dasar pada anak dari ibu pekerja buruh di wilayah kerja UPTD Puskesmas Suka Damai Musi Banyuasin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. dr. Liza Chairani, Sp.A, M.Kes 2. dr. Beuty Savitri
Uncontrolled Keywords: Imunisasi dasar, pendidikan ibu, usia ibu, pengetahuan ibu, UPTD Puskesmas Suka Damai Musi Banyuasin
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 15 Feb 2021 03:08
Last Modified: 15 Feb 2021 03:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14158

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.