PEMANFAATAN KARBON AKTIF DARI LIMBAH SEKAM PADI DAN BONGGOL JAGUNG UNTUK MENGURANGI KADAR PENCEMAR PADA SUNGAI SEKANAK

Kiagus, Ahmad Roni and Evy, Kurniati and Legiso, Legiso and Tri, Susanto (2020) PEMANFAATAN KARBON AKTIF DARI LIMBAH SEKAM PADI DAN BONGGOL JAGUNG UNTUK MENGURANGI KADAR PENCEMAR PADA SUNGAI SEKANAK. JURNAL RISET TEKNOLOGI INDUSTRI.

[img]
Preview
Text (ARTIKEL)
PEMANFAATAN KARBON.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sungai Sekanak merupakan salah satu sungai yang ada di kawasan pemukiman yang padat penduduk, pusat perekonomian serta pusat pemerintahan. Sungai sekanak memiliki tiga buah kolam retensi, yaitu Siti Khodijah, Kambang Iwak Besar, dan Kambang Iwak Kecil. Kondisi sungai sekanak yang bau, dan kotor, disebabkan oleh beberapa parameter yaitu COD, BOD, TDS, pH, dan Fe (Fe 2+ , Fe 3+ terlarut, dan Fe 3+ ). Sehingga dibutuhkan komposisi dan material yang pas untuk mengurangi kadar pencemaran pada air sungai sekanak. Dengan ini diharapkan dapat memperoleh komposisi dan material yang optimal untuk menurunkan nilai COD, TDS, BOD, dan Fe, serta meningkatkan nilai pH air pada sungai sekanak yang berdasarkan dengan standar mutu air. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh komposisi dan material yang optimal yang mampu menurunkan kadar COD, BOD, TDS, pH, dan Fe (Fe 2+ , Fe 3+ terlarut, dan Fe 3+ ) yaitu pada karbon aktif dari limbah bonggol jagung dengan proses karbonisasi 300 o C, 25% H 3PO 4 sebagai aktivator yang menggunakan bahan baku bonggol jagung, serta waktu aktivasi selama 24 jam. Bonggol jagung dengan pH 7,18, sehingga didapat senilai COD sebesar 8mg/L, BOD 1,5mg/L, TDS 102mg/L, dan kadar Fe 0mg/L. Sedangkan karbon aktif dari sekam padi yang diproses dengan karbonisasi 300 o C, 25% H 3PO 4 , serta waktu aktivasi memiliki nilai pH sebesar 7,02 dari 6,30, sehingga diperoleh nilai COD 10mg/L, BOD 1,7mg/L, TDS 104mg/L, dan Fe 0mg/L. Kata kunci: bonggol jagung, karbon aktif, sekam padi, sungai sekanak

Item Type: Article
Subjects: Kimia > Teknologi Kimia
Divisions: Lain - Lain > Jurnal
Depositing User: KIAGUS AHMAD RONI S.T, M.T, Dr
Date Deposited: 11 Feb 2021 09:24
Last Modified: 11 Feb 2021 09:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/14056

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.