KARAKTERISTIK PEKERJA SPBU DENGAN KELUHAN KESEHATAN AKIBAT TERPAPAR TIMBAL DI SPBU KEC. SEBERANG ULU II

M. Fadhiel Fajar, NIM. 702017055 (2021) KARAKTERISTIK PEKERJA SPBU DENGAN KELUHAN KESEHATAN AKIBAT TERPAPAR TIMBAL DI SPBU KEC. SEBERANG ULU II. Skripsi thesis, Fakultas Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017055_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (931kB) | Preview
[img] Text
702017055_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)

Abstract

Timbal merupakan salah satu logam yang sering digunakan untuk beberapa jenis keperluan, salah satunya digunakan untuk bahan bakar bensin sebagai bahan aditif. Pencemaran udara yang sering terjadi berasal dari asap knalpot tranportasi darat baik motor maupun mobil salah satu senyawa toksik nya yaitu timbal. Stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) adalah tempat terpapar nya timbal, Kelompok masyarakat yang rentan terpapar timbal adalah petugas stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik pekerja SPBU dengan keluhan kesehatan akibat terpapar timbal di SPBU Kec. Seberang Ulu II. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini adalah petugas SPBU Coco dan SPBU 24.302.21 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan besar sampel 35 sampe, data didapatkan dengan membagikan kuisioner kepada responden. Data kemudian dianalisis secara univariat. Hasil penelitian ini menunjukkan karakterisitik petugas SPBU yang terbanyak usia ≤30 tahun dengan jumlah 25 orang (71,4%), berdasarkan jenis kelamin laki-laki dengan jumlah 28 orang (80%), berdasarkan lama kerja yang bekerja ≥3 tahun dengan jumlah 23 orang, berdasarkan yang menggunakan alat pelindung diri dengan patuh dengan jumlah 22 orang (62,9%) dan keluhan kesehatan yang terbanyak adalah kelelahan (91,4%), sakit kepala (57,1%), mudah marah (57,1%), gangguan tidur (51,4%), sulit berkonsentrasi (51,4%) sehingga dapat disimpulkan terdapat keluhan kesehatan pada petugas SPBU akibat paparan timbal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Yanti Rositas, M.Kes 2. dr. Vina Pramayastri
Uncontrolled Keywords: Keluhan kesehatan, timbal, karakteristik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 10 Feb 2021 01:54
Last Modified: 10 Feb 2021 01:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13986

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.