PENGEMBANGAN MODUL KEANEKARAGAMAN EKOSISTEM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) di SMA Negeri 4 PALEMBANG

Meyta Preti Handayani, NIM. 342014062 (2019) PENGEMBANGAN MODUL KEANEKARAGAMAN EKOSISTEM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) di SMA Negeri 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014062_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342014062_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meyta Preti Handayani. 2019. Pengembangan Modul Keanekaragaman Ekosistem Berbasis Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri 4 Kota Palembang. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dr. Yetty Hastiana., M.Si, (II) Nita Nuraini, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Modul, Problem Based Learning (PBL), Keanekaragaman Ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul keanekaragaman hayati berbasis Problem Basic Learning (PBL) di SMA Negeri 4 Kota Palembang. Modul ini bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan metode Tessmer yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap preliminary, self evaluation, expert review (pendapat ahli), one-to-one evaluation (uji perorangan) dan small group (uji kelompok kecil) namun peneliti hanya mengembangkan sampai pada tahap small group saja. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah wawancara, observasi dan angket. Hasil dari tahapan tersebut menghasilkan prototype 1 untuk modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi keanekaragaman ekosistem. Hasil validasi oleh para ahli yaitu ahli penyajian, ahli materi dan ahli bahasa serta ditambah dengan guru mata pelajaran menyatakan bahwa modul berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan ini sangat layak sebagai bahan pembelajaran siswa. Sementara pada hasil respon siswa dalam uji one-to-one dan uji small group diperoleh nilai rata-rata dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan respon siswa terhadap modul berbasis Problem Based Learning (PBL) menunjukkan bahwa modul ini mudah dipahami oleh siswa sehingga modul tersebut layak untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Yetty Hastiana, M.Si 2. Nita Nuraini S.Pd,.M.Pd
Uncontrolled Keywords: Modul, Problem Based Learning (PBL), Keanekaragaman Ekosistem
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 29 Jan 2021 03:27
Last Modified: 29 Jan 2021 03:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13962

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.