PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HASIL UJI PEMBERIAN PUPUK CAIR KULIT PISANG (Musa balbisiana L.) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCOY (Brassica rapa subsp. chinensis L.) DI SMA

Rizky Tri Juniardi, NIM. 342015036 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HASIL UJI PEMBERIAN PUPUK CAIR KULIT PISANG (Musa balbisiana L.) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCOY (Brassica rapa subsp. chinensis L.) DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015036_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (899kB) | Preview
[img] Text
342015036_BAB II_ SAMPAI_ BAB TERAKHIR-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)

Abstract

Juniardi, Rizky Tri. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Hasil Uji Pemberian Pupuk Cair Kulit Pisang (Musa balbisiana L.) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica rapa subsp. chinensis L.) Di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan daan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammdiyah Palembang, Pembimbing:(I) Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd., (II) Hendra, S.Pd., M.Si. Kata Kunci :Hasil Uji, Pupuk Cair, Sawi Pakcoy, Research and Development (R&D), Modul Pembelajaran Bahan ajar merupakan sesuatu yang sangat penting yang harus dimiliki oleh siswa karena dapat membantu dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang praktis dapat menambah minat membaca siswa serta dapat menambah wawasan siswa. Penelitian ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan minat belajar siswa khususnya pada pertumbuhan dan perkembangan terkait hasil uji pembrian pupuk cair kulit pisang terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy dalam bentuk bahan ajar berupa modul pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah modul hasil uji coba pemberian pupuk cair kulit pisang terhadap tanaman sawi pakcoy layak digunakan pada siswa, (2) Untuk mengetahui bagaimana kepraktisan modul hasil uji coba pemberian pupuk cair kulit pisang terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy pada materi pertumbuhan dan perkembangan di SMA Bina Mandri Talang Kelapa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menguji kelayakan dan kepraktisan bahan ajar modul. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli bahan ajar mendapatkan nilai 142>130,3 sehingga dikategorikan sangat layak,Hasil validasi yang diperoleh dari ahli bahasa mendapatkan nilai 51,3>50>42 sehingga dikategorikan layak, Hasil validasi dari ahli materi diperoleh nilai dengan kategori 95,3>X>78 yaitu 95,3>80>78 yang menunjukan bahwa bahan ajar modul yang telah divalidasi sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran dan hasil ujicoba penilaian dari siswa modul yang telah dibuat dapat dikategorikan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd. 2. Hendra, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Hasil Uji, Pupuk Cair, Sawi Pakcoy, Research and Development (R&D), Modul Pembelajaran
Subjects: Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:16
Last Modified: 16 Feb 2021 01:20
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13959

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.