ANALISIS EKSISTENSI PIDANA PENJARA SEUMUR HIDUP DALAM SISTEM HUKUM PIDANA

DJUMARDI MESLI SAPUTRA, NIM. 502016356 (2020) ANALISIS EKSISTENSI PIDANA PENJARA SEUMUR HIDUP DALAM SISTEM HUKUM PIDANA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502016356_BAB I_DAFTAR PUSTAKA_.pdf

Download (871kB) | Preview
[img] Text
502016356_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)

Abstract

Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut : 1. Bagaimanakah Pengaturan pidana penjara seumur hidup dalam hukum pidana di Indonesia ? 2. Bagaimanakah Perwujudan ide pemasyarakatan dalam perumusan sanksi pidana penjara seumur hidup ? Selaras dengan tujuan yang dimaksud untuk mengetahui Pengaturan dan perwujudan Pemasyarakatan sanksi pidana seumur hidup, maka jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normative yang bersifat deskriptif (menggambarkan), oleh karenanya tidak bermaksud untuk menguji hipotesa. Teknik penggumpulan data dititikberatkan kepada penelitian kepustakaan dengan cara mengkaji bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menerapkan cara analisis isi (Content Analisys) untuk selanjutnya dikontruksikan ke dalam suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Kebijakan pengaturan pidana penjara seumur hidup dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana hampir selalu menjadi pidana alternatif dari pidana mati, dan pidana penjara seumur hidup dapat dialternatifkan dengan pidana penjara jangka waktu tertinggi yakni 20 (dua puluh) tahun. Pidana penjara seumur hidup termasuk jenis sanksi pidana yang terberat satu peringkat dibawah pidana mati; 2. Perwujudan ide permasyarakatan dalam perumusan sanksi pidana penjara seumur hidup kecenderungan yang ada sekarang, pidana penjara sebagai sarana represif dewasa ini posisinya cenderung mengalami degradasi, karena mendapat banyak tantangan dan tekanan dari berbagai gerakan yang muncul di Eropa dan Amerika. Sorotan keras terhadap pidana penjara tidak hanya diberikan oleh pakar individu tetapi juga oleh lembaga internasional. Rancangan konsep KUHP tetap mempertahankan pidana penjara seumur hidup. Kata Kunci : Pidana, sistem, Penjara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Reny Okprianti, S.H., M.Hum 2. Luil Maknun, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pidana, sistem, Penjara
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 25 Jan 2021 04:08
Last Modified: 25 Jan 2021 04:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13954

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.