peran seorang dai dalam menyampaikan dakwah islam di desa sukaraja kecamatan pedamaran kabupaten ogan komering ilir

Ariansyah, NIM. 612016084 (2020) peran seorang dai dalam menyampaikan dakwah islam di desa sukaraja kecamatan pedamaran kabupaten ogan komering ilir. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016084_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016084_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Masyarakat desa Sukaraja terdapat 8 dusun, di desa tersebut peran da’i dalam menyampaikan dakwah islam belum tercapai karna masih banyak masyarakat yang belum memahami islam yang sebenarnya seperti masih banyaknya masyarakat yang melakukan kesyirikan perdukunanenda percaya sama benda benda yang dapat memberikan kekuatan, tahayul khurapat lain sebagainya. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu bagaimana peran Da’i di desa Sukaraja kecamatan pedamaran kabupaten Ogan Komering ilir Tengah dalam menyampaikan dakwah kepada masyarakat apa faktor penghambat dan pendukung da’i dalam menyampaikan dakwah di desa sukaraja kecamatan pedamaran kabupaten ogan komering ilir.Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini untuk mengetahui peran Da’i di desa sukaraja kecamatan pedamaran kabupaten Ogan Komering ilir Tengah dalam menyampaikan dakwah kepada masyarakat dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam menyampaikan dakwah di desa sukaraja kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jenis penelitian yang peneliti gunakan penelitian lapangan (field research) yang bersipat deskriptif Kualitatif, sumber data yang di gunakan sumber data primer dan skunder,sedangkan teknikpengumpulan data mengunakan metode wawancara ,observasi dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian Da’i dalam menyampaikan dakwah kepada masyarakat di desa Sukaraja Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir Bahwah da’i di desa sukaraja kecamatan pedamaran kabupaten, Ogan Komering Ilir berperan merubah pemahaman dan ketauhitan kepada Allah sesuai dengan al-quran dan sunnah Nabi Muhammad Saw ,serta akhlak yang mulia Keberhasilan da’i dalam berdakwah di pengaruhi oleh faktor penghambat kegiatan dakwah da’i di desa sukaraja yaitu lingkungan dan faktor ekonomi ,sedangkan faktor pendukung keberhasilan dalam berdakwah yaitu sumber daya manusia (SDM), saran prasarana Kesimpulannyah Da’i di desa Sukaraja mendapatkan hasil yang dulu perilaku masyarakat kurang baik dan kurangnya memahami ajaran islam sesuai dengan syari’at yang ada sesuai dengan al-quran dan sunnah Nabi Muhammad Salallah hu’alaihi Wassalam . Dengan adanya peran seorang da’i dalam menyampaikan dakwah di desa Sukaraja Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir dapat membantu masyarakat kembali kejalan yang benar dalam beragama dan beramal sholeh dengan sesuai syari’at islam dan beramal dengan contoh yang di contohkan Nabi Muhammad Saw, dan para sahabat beliau dan mudah mudahan di jaukan dari kesesatan ke syirikan tahayul khurafat dan lain sebagainya yang dapat mendatangkan ke murkaan Allah Swt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Purmanysah ariadi, S.Ag, M.Hum 2. Dr. Hairul Amri. M.E,Sy.
Uncontrolled Keywords: peran, dai, islam
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 14 Jan 2021 06:22
Last Modified: 14 Jan 2021 06:32
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13872

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.