PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA DEBITUR DALAM KASUS KREDIT MACET

REGITA DILLA VARRA CHYNTHIA, NIM. 502016059 (2020) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA DEBITUR DALAM KASUS KREDIT MACET. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502016059_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502016059_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)

Abstract

ABSTRAK PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA DEBITUR DALAM KASUS KREDIT MACET Oleh Regita Dilla Varra Chynthia Penegakan hukum adalah proses pemungsian norma-norma hukum secara nyata sebagai pedoman prilaku atau hubungan-hubungan hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah pertanggung jawab pidana debitur terhadap kredit macet ? dan Apakah akibat hukum kredit macet?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. Sejalan dengan judul dan beberapa permasalahan yang telah dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa: Pertanggung jawab pidana debitur terhadap kredit macet dapat diminta pertanggung jawab pidana berdasarkan Pasal 263 dan Pasal 264, KUH Pidana tentang Pemalsuan atau Penipuan Pasal 378 KUHP KUH Pidana, Pasal 49 Ayat 2 (a) dan Pasal 48 Ayat 1 dan Ayat 2 Undang-undang perbankan No.7 tahun 1992, dan Bahkan 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, dikarenakan telah merugikan keuangan negara. Dan Akibat Hukum kredit macet, yaitu dapat berakibat secara hukum administrasi negara, hukum perdata, dan bahkan hukum pidana, karena walaupun kerugian materiilnya dapat diselesaikan tidak berarti urusan hukum telah dengan sendirinya juga ikut terselesaikan, karena yang diselesaikan di sini hanyalah sisi perdatanya saja, namun sisi pidananya tetap melekat selama tanggung jawab pelaku (plager) tidak diaplikasikan dalam bentuk sanksi ataupun Hukuman sebagaimana yang telah diatur baik dalam Undang-undang perbankan maupun KUHP sebagai Hukum Positif. Kata Kunci: Pertanggungjawaban Pidana, Kredit Macet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Muhammad Yahya Selma, SH, MH. Pembimbing 2 : Luil Maknun, SH, MH.
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban Pidana, Kredit Macet
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 26 Jan 2021 02:16
Last Modified: 26 Jan 2021 02:16
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13865

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.