PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS LIMBAH PERKEBUNAN DAN PUPUK NPK MAJEMUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI KAILAN(Brassica oleraceae L. var achepala)PADA SISTEM BUDIDAYA VERTIKULTUR

MUHAMMAD ANS'YARI ASIAN HARAHAP, NIM. 422013029 (2020) PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS LIMBAH PERKEBUNAN DAN PUPUK NPK MAJEMUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI KAILAN(Brassica oleraceae L. var achepala)PADA SISTEM BUDIDAYA VERTIKULTUR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
422013029_BAB_1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
422013029 _BAB II_ SAMPAI AKHIR .pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy

Abstract

RINGKASAN MUHAMMAD ANS’YARI ASIAN HARAHAP. Pengaruh Pemberian Kompos Limbah Perkebunan dan Pupuk NPK Majemuk Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi Kailan (Brassica oleraceae L. var achepala) Pada Sistem Budidaya Vertikultur (dibimbing oleh YOPIE MOELYOHADI dan ERNI HAWAYANTI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh pemberian kompos limbah perkebunan dan dosis pupuk NPK majemuk terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi kailan (Brassica oleraceae.L var achepala) pada sistem budidaya vertikultur. Penelitianinitelahdilaksanakandikebunpercobaan FakultasPertanianUniversitasMuhammadiyah Palembang.Penelitian ini dilaksanakan daribulanApril sampai dengan bulan Juni 2020.PenelitianinimenggunakanrancanganSplit Plot designdengan 9 kombinasiperlakuan yang di ulangsebanyak 3 kali dengan 5tanamancontohdarisetiapperlakuan. Sebagai perlakuan petak utama adalah pemberian jenis kompos limbah perkebunan dengan 3 taraf perlakuan yaitu: M0 = Media tanah top soil (tanpa pemberian kompos limbah perkebunan), M1 = pemberian kompos blotong dan M2 = pemberian kompos tankos dan sebagai perlakuan anak petak adalah pemberian pupuk NPK majemuk dengan tiga taraf dosis perlakuan yaitu D1 = 50g/petak tanaman, D2 = 100g/petak tanaman dan D3 = 150g/petak tanaman. hasil penelitian, menunjukkan bahwa perlakuan pemberian kompos limbah perkebunan dan pemberian pupuk NPK majemuk berpengaruh sangat nyata terhadap semua peubah yang diamati. Sedangkan interaksi antar perlakuan hanya berpengaruh nyata terhadap peubah tinggi tanaman, jumlah daun dan panjang akar/tanaman. Sedangkan untuk peubah berat segar/tanaman dan hasil panen/petak berpengaruh tidak nyata. Hasil analisa secara tabulasi menunjukkan bahwa kombinasi perlakuan pemberian kompos tangkos dan pupuk NPK majemuk pada dosis 150 g/petak memberikan hasil tertinggi terhadap produksi tanaman sawi kailan pada sistem budidaya vertikutur, dengan berat segar rata-rata mencapai 105,55 g/tanaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1.Dr.Ir.Yopie Moelyohadi,M.Si 2.Ir. Erni Hawayanti, M.Si
Subjects: Agroteknologi
Agroteknologi > teknologi produksi tanaman
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 19 Dec 2020 06:56
Last Modified: 19 Dec 2020 06:56
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13784

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.