PENGEMBANGAN MEDIA BLOK ALJABAR MATEMATIKA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR

NESSA DWI PUTRI, NIM. 332016005 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BLOK ALJABAR MATEMATIKA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332016005_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text
332016005_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nessa Dwi Putri. 2020.Pengembangan media blok aljabar untuk siswa SMP kelas VIII Materi Faktorisasi Suku Aljabar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Drs. H. Muslimin ,M.Pd., (2) Muslimin, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : pengembangan media blok aljabar menggunakan alat peraga matematika Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu bahan ajar berupa media blok aljabar matematika pada materi faktorisasi suku aljabar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (development research). Dalam proses pengembangan menggunakan tahap preliminary atau persiapan dan tahap prototyping (Formatif evaluation) yang meliputi self evalution, expert reviews, one-to-one, small group dan field test. Didalam penelitian ini subjeknya adalah peserta didik kelas VIII MTs Al-Akbar 1 Kecamatan Air Kumbang Banyu Asin 1 yang berjumlah 26 peserta didik. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh media blok aljabar yang valid dan praktis. Penelitian menunjukan media yang valid terlihat dari hasil penilaian para ahli, dalam penilaian para ahli didalam penelitian ini terdapat tiga para ahli, ahli materi, ahli media/tampilan, ahli bahasa. Dinyatakan valid media blok aljabar matematika siswa berdasarkan materi (aspek kelayakan ini, kelayakan penyajian dan aspek kontekstual), media tampilan (aspek kelayakan kegrafikan yang meliputi alat peraga dan desain alat peraga blok aljabar) dan penilaian berdasarkan bahasa (aspek kelayakan kebahasaan). Berdasarkan hasil kepraktisan media blok aljabar yang dikembangkan terlihat dari hasil penilaian pada saat uji coba small group. Berdasarkan data hasil dari angket peserta didik pada tahap small group, media blok aljabar matematika siswa materi faktorisasi suku aljabar mendapatkan jumlah skor 255 dari jumlah total maksimal penilaian 264, yang dipresentasikan menjadi 96,59% media ini dapat dikategorikan bahwa blok aljabar matematika untuk siswa kelas VIII materi faktorisasi suku aljabar yang dikembangkan praktis. Media blok aljabar matematika yang dikembangkan terdapat efek potensial yang baik berdasarkan data hasil tes akhir siswa yaitu dengan nilai rata-rata 86,15%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. H. Muslimin, M.Pd. 2. Muslimin, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media blok aljabar menggunakan alat peraga
Subjects: Matematika > Aljabar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:30
Last Modified: 21 Dec 2020 04:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13759

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.