PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KORPORASI MENURUT KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA (KUHP)

ARI ALFAJRI, NIM. 502016234 (2020) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KORPORASI MENURUT KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA (KUHP). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502016234_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502016234_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)

Abstract

Keberadaan korporasi, baik langsung maupun tidak langsung akan menimbulkan dampak bagi perekonomian negara maupun terhadap lingkungan dimana korporasi tersebut berada. Bukan hanya dampak positif, tetapi juga dampak negatif dari beroperasinya sebuah korporasi. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penulisan skripsi ini adalah pertama Bagaimana pertanggungjawaban pidana korporasi menurut Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP)? Dan kedua Apakah jenis-jenis sanksi pidana terhadap korporasi?. Adapun jenis penelitian nya adalah penelitian hukum normatif. Sesuai dengan judul dan beberapa permasalahan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pertanggungjawaban pidana korporasi menurut Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) yaitu : a) Pengurus korporasi sebagai pembuat dan penguruslah yang bertanggungjawab ; b) Korporasi sebagai pembuat dan pengurus yang bertanggungjawab dan c) Korporasi sebagai pembuat dan juga yang bertanggungjawab. Sedangkan Jenis-jenis sanksi pidana terhadap korporasi yang dapat dijatuhkan terhadap subjek hukum korporasi yaitu : Pidana Pokok, yaitu berupa pidana denda dan Pidana tambahan yaitu berupa : (a) pengumuman putusan hakim, (b)pembekuan sebagian atau seluruh kegiatan usaha korporasi, (c)pencabutan izin usah, (d) pembubaran dan/atau pelarangan korporasi, (e) perampasan aset korporasi untuk negara, dan/atau (f)pengambilalihan korporasi oleh negara. Kata Kunci : Pertanggungjawaban, korporasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Mona Wulandari, S.H, M.H. 2. Eni Suarti, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban, korporasi.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 16 Dec 2020 06:13
Last Modified: 16 Dec 2020 06:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13758

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.