EFEKTIVITAS PERTUMBUHAN TANAMAN Acacia crassicarpa A.CUNN.EX BENTH. PADA TANAH MARINE CLAY DAN TANAH GAMBUT

MARLINA PUSPITASARI, NIM. 452017026P (2020) EFEKTIVITAS PERTUMBUHAN TANAMAN Acacia crassicarpa A.CUNN.EX BENTH. PADA TANAH MARINE CLAY DAN TANAH GAMBUT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452017026P_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (998kB) | Preview
[img] Text
452017026P_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pertumbuhan tanaman Acacia crassicarpa yang paling efektif antara tanah gambut dan marine clay. Penelitian ini dilakukan di PT. Bumi Mekar Hijau Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan pada bulan April sampai dengan Agustus 2020. Metode penentuan jumlah petak berdasarkan Rancangan Acak Kelompok (RAK), maka petak yang akan diambil sebanyak 20 petak berdasarkan 2 kelompok perlakuan, 5 ulangan pada masing-masing jenis tanah dan masing-masing ada 2 sampel yang mewakili. Metode analisis data menggunakan metode analisis sidik ragam (ANOVA) dan analisis menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Pertumbuhan tinggi tanaman Acacia crassicarpa pada umur 5 tahun di tanah gambut lebih baik dibandingkan tanah marine clay yaitu pada umur 5 tahun mencapai rata-rata tinggi 17,57 m, sedangkan pada tanah marine clay mencapai rata-rata tinggi 15,54 m. Begitu juga dengan pertumbuhan diameter tanaman Acacia crassicarpa pada tanah gambut mencapai rata-rata diameter 16,65cm, sedangkan pada tanah marine clay mencapai rata-rata tinggi 15,54 cm. Berdasarkan perhitungan MAI dan CAI, hubungan pertumbuhan volume tegakan dengan pertumbuhan per tahun Acacia crassicarpa pada tanah gambut memiliki tingkat riap yang tinggi dimana bisa dilihat pada garis pertemuan MAI dan CAI di kelas umur (KU) 4. Hubungan pertumbuhan volume tegakan dengan pertumbuhan per tahun Acacia crassicarpa pada tanah marine clay memiliki tingkat riap yang lebih rendah dimana bisa dilihat pada garis pertemuan MAI dan CAI di kelas umur (KU) 3. Pertumbuhan tanaman Acacia crassicarpa lebih baik dan efektif pada tanah gambut dibanding tanah marine clay dilihat dari pertumbuhan tinggi dan diameter yang berbeda sangat nyata berdasarkan nilai P value (0,000). Diduga kesesuaian kandungan mineral yang cocok untuk pertumbuhan Acacia crassicarpa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Yuli Rosianty., S. Hut. M. Si 2.Sasua Hustati SP M. Si
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, gambut, marine clay
Subjects: Kehutanan > ekologi hutan
Kehutanan > ilmu tanah
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 16 Dec 2020 01:03
Last Modified: 16 Dec 2020 01:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13752

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.