PERANAN REMAJA MASJID AL-IKHLAS TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI DESA BANYU URIP KECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN

Dedi Triyanto, NIM. 612015114 (2020) PERANAN REMAJA MASJID AL-IKHLAS TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI DESA BANYU URIP KECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612015114_BAB_ I_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
612015114_BAB II_SAMPAI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PERANAN REMAJA MASJID AL-IKHLAS TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI DESA BANYU URIP KECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN Penelitian yang dilakukan oleh Dedi Triyanto. NIM 612015114. Pokok masalah penelitian ini adalah Peranan Remaja Masjid Al-Ikhlas Terhadap Pembinaan Akhlak Anak di Desa Banyu Urip Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin. Dari pokok permasalahan tersebut maka dirumuskan beberapa sub masalah yaitu: Bagaimana Upaya Remaja Masjid Al-Ikhlas Terhadap Pembinaan Akhlak Anak di Desa Banyu Urip, Apa Faktor Pendukung Remaja Masjid Terhadap Pembinaan Akhlak Anak di Desa Banyu Urip, Apa Hambatan-Hambatan dan Solusi Remaja Masjid Al-Ikhlas Terhadap Pembinaan Akhlak Anak di Desa Banyu Urip ? Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, mengggunakan pendekaan bimbingan dan psikologi, metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik pengolaan dan analisa data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berakhlak mulia merupakan bagian dari tujuan pendidikan Islam. Islam juga telah mengajarkan tentang akhlak yang diharapkan pendidik mampu mengajarkannya kepada peserta didiknya, peserta didik juga mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan tersebut membutuhkan perhatian besar berbagai pihak dalam rangka mewujudkan manusia berskil, kreatif, sehat jasmani dan rohani sekaligus berakhlak mulia. Penulis beranggapan bahwa tidak hanya pendidikan (pembinaan akhlak) dari pengajar saja melainkan dari orang tua, remaja masjid, lingkungan sekitar dan guru di sekolah Hasil penelitian menunjukan ada tiga langkah yang dilakukan oleh remaja masjid Al-Ikhlas dalam pembinaan akhlak anak, pertama Preventif, kedua Represif, ketiga Kuratif. Sedangkan faktor pendukung dalam pembinaan akhlak anak yaitu terdapat pengaturan waktu yang tepat, penanaman ajaran agama dari pihak pengurus masjid, terjalin kerja sama antara pengurus masjid. Adapun faktor penghambat dan solusi yaitu tidak adanya ruang kelas, pemikiran anak-anak yang masih belum stabil, serta lingkungan sosial yang kurang mendukung. Adapun solusinya yaitu menanamkan sikap disiplin, mengadakan pertemuan dengan orang tua anak, berusaha lebih giat memberikan materi tentang akhlak. Implikasi penelitian, keberadaan masjid Al-Ikhlas dapat menciptakan anak-anak sebagai seorang yang soleh dan solikhah, yang akan menumbuhkan suatu generasi muda yang dapat diandalkan karena memiliki ketahanan mental dan spiritual yang tinggi, di tengah-tengah pengaruh budaya dan informasi yang bebas. Kata Kunci: Peranan, Remaja, Pembinaan Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Ayu Munawaroh, S.Ag., M. Hum 2. M. Jauhri, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran, Remaja, Pembinaan akhlak
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Pendekatan dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:59
Last Modified: 14 Dec 2020 06:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13732

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.