ANALISA FAKTOR KEHILANGAN ENERGI PADA SISTEM JARINGAN DISTRIBUSI AIR BESRSIH DI PDAM TIRTA SAKA SELABUNG KECAMATAN MUARADUA KABUPATEN OKU SELATAN

Fertika Rahmanda Ikhsan, NIM.112016029 (2020) ANALISA FAKTOR KEHILANGAN ENERGI PADA SISTEM JARINGAN DISTRIBUSI AIR BESRSIH DI PDAM TIRTA SAKA SELABUNG KECAMATAN MUARADUA KABUPATEN OKU SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
112016029_BAB1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (722kB) | Preview
[img] Text
112016029_BABII_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebagian besar wilayah di KecamatanMuaradua telah menggunakan layanan air bersih di PDAM SakaSelabung, adanya perubahan iklim yang terjadi pada musim kemarau dan musim penghujan. PDAM yang jauh dari lokasi tinjauan terdapat banyak belokan, gesekan pada pipa serta panjang pipa yang mempengaruhi kehilangan energi pada pipa. Kehilangan energi merupakan faktor yang mempengaruhi kapasitas pipa sebagai sarana penghantar air maupun minyak yang merupakan terjadinya pengurangan debit aliran. Kehilangan energi dapat disebabkan koefisien gesek pada pipa, perubahan penampang penampang yang ada pada pipa, dan belokan pipa di sepanjang pipa yang digunakan dan panjang pipa juga dapat mempengaruhi kehilangan energi pada pipa. Hasil analisa, kehilangan maksimum tertinggi ada pada pipa dengan diameter paling kecil yaitu diameter 80 mm sebesar 688,07 m. Untuk perubahan penampang, kehilangan maksimum terdapat pada pipa dengan diameter 100mm menuju pipa dengan diameter 80 mm, yaitu 3,22 m. Perubahan penampang secara mendadak dapat menyebabkan kehilangan tenaga, karena aliran pada pipa berubah dari aliran laminer menjadi turbulen. Untuk kehilamgan tenaga pada belokan pipa dengan diameter 80 mm, terdapat kehilangan tenaga maksimum akibat belokan, yaitu sebesar 5,431 m.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir.Hj. RA Sri Martini, M.T. 2. Ir. Zainul Bahri, M.T.
Uncontrolled Keywords: sistem jaringan distribusi, kehilangan energi, analisa
Subjects: Teknik Sipil > Konstruksi bawah tanah
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 05 Dec 2020 05:12
Last Modified: 05 Dec 2020 05:12
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13703

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.