AKTIVITAS DAKWAH DAN PERILAKU SOSIAL SISWA SMAN 3 SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

NUR LAILI, NIM. 612016027 (2020) AKTIVITAS DAKWAH DAN PERILAKU SOSIAL SISWA SMAN 3 SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016027_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016027_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Aktivitas Dakwah dan Perilaku Sosial Siswa SMAN 3 Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin”, Aktivitas dakwah siswa pada hakikatnya merupakan wujud dari upaya perubahan perilaku sosial dikalangan masyarakat sekolah menuju pemahaman dan pengamalan Islam yang lebih baik. Manusia sebagai makhluk individu dan sosial akan menampilkan tingkah laku tertentu, akan terjadi peristiwa terpengaruh dan mempengaruhi antara individu satu dengan individu yang lain. Hasil dari peristiwa saling mempengaruhi ini maka timbulah perilaku sosial tertentu yang akan mewarnai pola interaksi tingkah laku setiap individu. Hadirnya arus globalisai sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menimbulkan berbagai dampak. Diantara kelompok usia yang terdampak adalah remaja. Persoalan yang muncul ini kemudian membuat penulis ingin melihat bagaimana aktivitas dakwah siswa SMAN 3 Sungai Lilin dan perilaku sosial siswa SMAN 3 Sungai Lilin Kabupapaten Musi Banyuasinserta apa faktor pendukung dan penghambat aktivitas dakwah siswa SMAN 3 Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang bagaimana aktivitas dakwah siswa SMAN 3 Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin, bagaimana perilaku sosial siswa SMAN 3 Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin dan apa faktor pendukung dan penghambat aktivitas dakwah siswa SMAN 3 Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi, yang artinya penulis mengobservasi lokasi dakwah, mewawancarai para koresponden dan mendokumentasikanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas dakwah di SMAN 3 Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin adalah Kajian keislaman, Pesantren kilat ramadhan, Peringatan hari besar Islam, Bakti sosial, Hadroh kesenian Islam, Tadarus al-Qur’an. Perilaku sosial siswa SMAN 3 Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin yaitu Pertemanan secara berkelompok, Sering berbagi, Adanya siswa yang berpacaran, Pergaulan yang bersifat positif maupun negatif. Faktor pendukung dari kegiatan dakwah seperti adanya siswa yang mengadakan kegiatan dakwah melalui Rohis. Sekolah ikut andil dan mendukung berbagai kegiatan dakwah yang diadakan sehingga semakin mudah diadakannya kegiatan tersebut. Guru-guru banyak yang mendukung berbagai kegiatan dakwah. Banyak siswa yang berminat mengikuti kegiatan dakwah yang diadakan. Adanya Masjid didekat sekolah dan adanya pembina khusus dari guru dan kakak tingkat. Sedangkan faktor penghambat dari kegiatan Rohis seperi faktor banyaknya kegiatan dakwah yang terkadang tidak terlaksana. Guru maupun anggota Rohis yang tidak berperan aktif dalam menjalankan kegiatan dakwah yang direncanakan. Siswa yang tidak mau mengikuti kegiatan dakwah yang diadakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Mustofa, S.Ag., M.Pd.I 2. Achmad Tasmi, S.Sos, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Aktivitas, Dakwah, Perilaku Sosial, Siswa
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 19 Nov 2020 04:13
Last Modified: 19 Nov 2020 04:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13623

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.