KARAKTERISTIK LIMBAH PADAT KARBIT SEBAGAI ADSORBEN DALAM PROSES PENYERAPAN LOGAM CU, ZN, MN

DIAH AYU PERTIWI, NIM. 122016026 (2020) KARAKTERISTIK LIMBAH PADAT KARBIT SEBAGAI ADSORBEN DALAM PROSES PENYERAPAN LOGAM CU, ZN, MN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122016026_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
122016026_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Polusi oleh logam berat adalah serius kompleks karena dapat berakumulasi secara biologis ke tingkat yang lebih tinggi dan mengandung racun. Limbah beracun yang dihasilkan industri antara lain dapat berupa logam berat. Logam berat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya presipitasi dan penyerapan oleh berbagai media, dimana pilihan metode tergantung pada jenis dan konsentrasi bahan sorpive dan sorben yang digunakan serta biayanya. Adsorpsi adalah proses yang jauh lebih cepat dari pada presipitasi. Adsorpsi telah terbukti sebagai metode yang berhasil untuk menghilangkan logam berat dari air limbah asam tambang. Dilakukan penelitian ini untuk menentukan kemungkinan potensi yang dimiliki limbah karbit sebagai adsorben baru yang dapat digunakan untuk mengatasi penurunan kualitas lingkungan akibat logam berat. Tujuan dari penelitin ini adalah dapat mengetahui proses pembuatan adsoreben dari limbah karbit dan mengetahui karakterisasi dari limbah padat karbit dalam proses penyerapan logam Cu, Zn, Mn. Adapun alat-alat yang dapat menguji analisa karakteristik adsorben yaitu TEM (Transmission Electron microscopy) yang digunakan untuk menentukan ukuran partikel karena resolusinya yang sangat tinggi, BET (Brunnaeur-Emmet-Teller) berfungsi untuk menentukan luas permukaan material, distribusi pori dari material dan isotherm adsorpsi suatu gas pada suatu bahan, FTIR (Fourier-transform Infrared Spectroscopy) dimanfatakan untuk mengindentifikasi gugus-gugus fungsional yang terkandung dalam suatu senyawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Ir. H.M. Arief Karim, M.Sc. 2. Ir. Legiso, M.Si
Uncontrolled Keywords: Logam Berat, Limbah Karbit, Adsorpsi.
Subjects: Kimia > Teknologi Kimia
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 18 Nov 2020 01:57
Last Modified: 18 Nov 2020 01:57
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13591

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.