PENGATURAN TANGGUNG JAWAB KURATOR DALAM MELAKUKAN PENGAMANAN HARTA PAILIT

ANGGUN SUCIPTO, NIM. 91217022 (2019) PENGATURAN TANGGUNG JAWAB KURATOR DALAM MELAKUKAN PENGAMANAN HARTA PAILIT. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
91217022_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (983kB) | Preview
[img] Text
91217022_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)

Abstract

Hukum kepailitan mnerupakan hukum yang mengatur tentang kepailitan dengan tujuan untuk menghindari adanya kecurangan Kreditur untuk mendapat hak istimewa dengan cara menjual barang Debitur. Permohonan kepailitan diajukan pada Pengadilan Niaga yang berwenang berdasarkan wilayah hukumnya dan setelah permohonan dikabulkan maka Debitur dinyatakan pailit dan diambilalih oleh Kurator. Namun, selama penguasaan oleh Kurator terdapat permasalahan yaitu Kurator melakukan kecurangan dengan cara menggelapkan harta pailit, akibatnya merugikan para pihak sehingga mempengaruhi keadilan. Berdasarkan uraian di atas, maka isu hukum yang akan dibahas dalam tesis ini sebagai berikut : 1 ) Bagaimana pengaturan tanggung jawab Kurator dalam melakukan pengamanan harta pailit ? 2) Apa saja kelemahan pengaturan tanggung jawab Kurator dalam melakukan pengamanan harta pailit yang mengakibatkan ketidakadilan ? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian normatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Pengaturan tanggung jawab Kurator dalam melakukan pengamanan harta pailit tidak memenuhi keadilan karena aturan tersebut tidak ada kesetaraan sehingga hak dan kewajiban pada Pasal 72 dan 78 Undang-Undang No 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang yang dimiliki tidak mencapai keseimbangan yang berakibat timbulnya kerugian, 2) Kelemahan yang terdapat pada pengaturan tersebut yang mengakibatkan ketidakadilan yaitu tidak diatur secara jelas tentang pengaturan tanggung jawab Kurator, tidak diatur tentang ketentuan pidana, dan tidak diatur secara menyeluruh tentang pengawasan terhadap Kurator oleh Hakim Pengawas. Kata kunci : Pengaturan Tanggung Jawab Kurator, Pengamanan Harta Pailit, Keadilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Muhammad Yahya Selma, S.H., M.H. 2. Dr. Arief Wisnu Wardhana, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pengaturan Tanggung Jawab Kurator, Pengamanan Harta Pailit, Keadilan.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 17 Nov 2020 04:28
Last Modified: 17 Nov 2020 04:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13580

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.