PERANAN DA’I MENANAMKAN KESADARAN PARA ORANG TUA DALAM PEMAKAIAN JILBAB PADA ANAK NYA DI JALAN SILABRANTI LORONG PLAMBOYAN RT 10 PALEMBANG

Kiftia Nesti, NIM. 612016116 (2020) PERANAN DA’I MENANAMKAN KESADARAN PARA ORANG TUA DALAM PEMAKAIAN JILBAB PADA ANAK NYA DI JALAN SILABRANTI LORONG PLAMBOYAN RT 10 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016116_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016116_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kiftia Nesti Nim: 612016116, judul Skripsi Peranan Da’i menanamkan kesadaran orang tua dalam pemakaian jilbab pada anaknya di Jalan Silaberanti Lorong Plamboyan RT 10 Palembang. Permasalahan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kesadaran para remaja di jalan silabranti lorong plamboyan RT 10 dalam pemakaian jilbab (2) Bagaimana peran orang tua dalam pemakaian jilbab pada anak nya (3) Bagaimana upaya da’i meningkatkan kesadaran orang tua dalam pemakaian jilbab pada anak nya. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui kesadaran para remaja di jalan silabranti lorong plamboyan RT 10 dalam pemakaian jilbab. (2) Untuk mengetahui peran orang tua dalam pemakaian jilbab pada anak nya (3) Untuk mengertaui upaya da’i meningkatkan kesadaran orang tua dalam pemakaian jilbab pada anak nya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang peranan da’i menanamkan kesadaran para orang tua dalam pemakaian jilbab pada anaknya.Sumber data penelitian yang digunakan adalah sumber data primer berupa informasi informasi dari lapangan melalui pengamatan secara langsung dengan cara wawanca dengan bapak ketua RT dan menyebarkan angket Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kesadaran para remaja dalam pemakaian jilbab di Jalan Silaberanti Lorong Plamboyan RT 10 Palembang mereka sudah banyak mengetahui hukum memakai jilbab, 85% mereka sudah berpendapat positif tentang jilbab dan 15% masih belum mengetahui hukumhukum dan pentingnya memakai jilbab bagi seorang perempuan. (2) Peran orang tua dalam pemakaian jilbab anak nya. Peran orang tua terhadap anaknya dimulai sejak anak dalam kandungan, selain itu peran orang tua dalam membentuk keperibadian dan masa depan anak yaitu dengan mendo’a kan. Begitupun dengan hal menyadarkannya dalam berjilbab pertama sebagai orang tua memperhatikan lingkungan anak atau pergaulannya, selanjutkan memberikan mereka ilmu atau pengetahuan yang luas tentang jilbab, membelikan buku-buku islami atau buku tentang jilbab, dan orang tau memasukkan anaknya ke pondok pesantren, sehingga sang anak berada di lingkungan yang baik. (3) Upaya da’i meningkatkan kesadaran orang tua dalam pemakaian jilbab pada anaknya, dengan memberikan pengawasan baik dalam segi jasmani maupun rohani, bisa dengan mengadakan program kegiatan atau kajian rutin yang bersifat harian, mingguan, bulanan, memberikan motivasi yang menguatkan agar mengerjakan perbuatan yang di harapkan, membiasakan para remaja untuk memakmurkan masjid dan membimbig untuk bersyukur dan bersabar dalam segala keadaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Azwar Hadi, S.Ag., M.Pd.I. 2. Titin Yenni, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: kata kunci:Da'i, Orang Tua, Anak, Jilbab
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Masyarakat dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 14 Nov 2020 04:48
Last Modified: 14 Nov 2020 04:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13554

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.