PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN ANAK DI PONDOK PESANTREN MADRASAH ALIYAH AL-MUMTAAZAH PEDAMARAN

MIA ANGGITA, NIM. 612016096 (2020) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN ANAK DI PONDOK PESANTREN MADRASAH ALIYAH AL-MUMTAAZAH PEDAMARAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016096_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
612016096_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sekolah dan orang tua mempunyai tanjung jawab yang berbedah dalam mendidik anak. Sekolah mendidik anak hanya di lingkungan sekolah saja dan orang tua mendidik anak di rumah. Kalaupun tugas dan tanggung jawab itu di limpahkan kepada guru di sekolah akan tetapi tugas guru hanya membantu orang tua dan bukan mengambil alih tanggung jawab orang tua sepenuhnya. Madrasah Aliyah Al-Mumtaazah Pedamaran Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimanakah peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an anak, apa pendorong dan penghambat orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an anak do pondok pesantren madrasah aliyah Al-Mumtaazah Pedamaran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimanakah peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an anak di pondok pesantren madrasah aliyah Al-Mumtaazah Pedamaran. Sumber data dalam penelitian ini ialah orang tua dan anak dari siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Mumtaazah Pedamaran. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research) dan bila di tinjau dari variabel termasuk penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, dokumentasi dan analisis data. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an anak di pondok pesantren Madrasah Aliyah Al-Mumtaazah Pedamaran tahun 2019/2020, berjalan cukup baik dengan berbagai peran yang dilakukan oleh orang tua. Namun ada beberapa hal yang perlu di tingkatkan yaitu metode, sarana/prasarana, dan bimbingan orang tua agar pembelajaran menghafal Al-Qur‟an terhadap anak dapat menunjukkan hasil yang optimal. Adapun peran orang tua antara lain sebagai berikut: 1. Pengontrol hafalan Al-Qur‟an anak, 2. Pembimbing anak meningkatkan menghafal Al-Qur‟an. Dalam membimbing anak meningkatkan hafalan Al-Qur‟an abak orang tua mempunyai metode sebagai berikut: 1. Menciptakan lingkungan yang kondusif, 2. Memprogram hafalan Al-Qur‟an, 3. Memotivasi. Adapun pendorong dan penghambat orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an anak di Madrasah Aliyah Al-Mumtaazah Pedamaran adalah sebagai berikut: yang menjadi pendorong dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an anak 1.sadar kemuliaan Al-Qur‟an dan mendambakan anak yang shalih shalihah, 2. Kemauan dan kemampuan membimbing membaca Al-Qur‟an, 3. lingkungan masyarakat yang mendukung, 4. Sarana yang mendukung. Sedangkan yang menjadi penghambat orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur;an anak adalah 1. Sibuk mencari nafkah, 2. Malas, 3. Kurang mampu. Kata kunci: Peran, Orang tua, Al-Qur‟an dan Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Ruskam Suaidi, M.H.I 2. Dr. Jamalludin, M.Pd.I
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:38
Last Modified: 12 Nov 2020 06:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13536

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.