PENERAPAN MEMBACA AL-QUR’AN YANG BENAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFALAL-QUR’AN BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN ASSALAM Al-ISLAMY SUNGAI LILIN

FIKROTUN NADHIYAH, NIM. 612016020 (2020) PENERAPAN MEMBACA AL-QUR’AN YANG BENAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFALAL-QUR’AN BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN ASSALAM Al-ISLAMY SUNGAI LILIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016020_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016020_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)

Abstract

FikrotunNadhiyah, NIM 612016020,Penerapan Membaca Al-Qur’an Yang Benar Untuk Meningkatkan kemampuan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Bagi Santri Di Pondok Pesantren Assalam Al-Islamy Sungai Lilin. Fokus skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan membaca al-Qur’an yang benar untuk meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Assalam Al-Islamy? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kemampuan menghafal al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Assalam Al-Islamy? (3) Bagaimana upaya penerapan membaca al-Qur’an yang benar untuk meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Assalam Al-Islamy? Metodologi penelitian yang digunakan oleh peniliti adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder yang diambil dari data di lapangan dan data penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Data ini diambil dari tempat penelitian yang berlokasi di Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Assalam Al-Islamy Sungai Lilin. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan al-Qur’an. Kemajuan zaman yang semakin berkembang seperti zaman sekarang ini yang dimana dapat dengan mudah dijumpai anak-anak dan remaja muslim yang belum mampu membaca al-Qur’an. Sebagai seorang muslim, hal utama yang harus dipelajari adalah tentang kitab sucinya sendiri yaitu al-Qur’an. Dalam kasus membaca al-Qur’an misalnya banyak santri yang hanya mampu membaca saja tanpa mengetahui cara membaca yang benar, maka penerapan membaca al-Qur’an yang benar untuk meningkatkan kemampuan menghafal bagi santri yaitu dengan mempelajari dan menerapkan ilmu tajwid, makhorijul huruf, serta hukum-hukumnya. Hasil penelitian mengungkapkan (1) dalam penerapan membaca al-Qur’an yang benar untuk meningkatkan kemampuan menghafal bagi santri sudah sistematis dan sesuai dengan kompetensi dasar. Metode penyampaian yang digunakan adalah metode klasikal baca simak(2) Dalam penerapan membaca al-Qur’an yang benar tentu ada dukungan dan hambatan. Untuk mengatasinya perlu adanya dukungan diantaranya pemilihan metode membaca al-Qur’an yang tepat. Dan adanya hambatan seperti kurangnya alokasi waktu dalam pembelajaran(3) Setelah adanya faktor pengdukung dan penghambat, maka penulis menuliskan bagaimana upaya penerapan membaca al-Qur’an yang benar untuk meningkatkan kemampuan menghafal bagi santri di Pondok Pesantren Assalam Al-Islamy. Dalam upaya ini penulis berharap adanya peningkatan dari hasil penerapan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Abu Hanifah M.Hum. 2. Rijalush Shalihin, S.E.I., M.H.I.
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur'an, santri, pondok pesantren
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 12 Nov 2020 01:28
Last Modified: 12 Nov 2020 01:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13528

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.