KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

MEGA SILPIA, NIM. 342015068 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015068_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342015068_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)

Abstract

Silpia, Mega. 2020. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing (I) Drs. SuyudAbadi, M.Si. (II) Erie Agusta, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Perubahan Lingkungan. Keterampilan berpikir kreatif adalah suatu proses berpikir yang digunakan individu untuk menghasilkan gagasan yang baru, atau mengembangkan gagasan orang lain dalam memecahkan suatu masalah. Kemampuan berpikir kreatif dapat diukur dengan indikator, yaitu berpikir lancar (fluency), berpikir luwes (flexibility), berpikir orisinil (originality), dan berpikir merinci (elaboration).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan di SMA Muhammadiyah 2 Palembang Jenis Penelitian iniadalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes berpikir kreatif, wawancara. Hasil penelitian berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan di SMA Muhammadiyah 2 Palembang berjumlah 9 siswa dengan criteria berpikir sangat kreatif, sedangkan untuk siswa dikategorikan kurang kreatif sebanyak 31 siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Suyud Abadi, M.Si. 2. Erie Agusta, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kemampuan Berpikir Kreatif, Perubahan Lingkungan
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:36
Last Modified: 10 Nov 2020 03:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13503

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.