Penerapan Akad Mudharobah Pada Produk iB Modal kerja di Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Palembang

Dini Anisa Hana, NIM. 642016002 (2020) Penerapan Akad Mudharobah Pada Produk iB Modal kerja di Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642016002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text
642016002_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dini Anisa Hana (64.2016.002). Skripsi Dengan Judul Penerapan Akad Mudharabah Pada Produk iB Modal Kerja Di Bank SumSel Babel Syariah Cabang Palembang. Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang Tahun 2019. Mudharabah adalah akad perjanjian antara dua pihak atau lebih untuk melakukan kerja sama usaha. Satu pihak akan menempatkan modal sebesar 100% yang disebut dengan shahibul maal, dan pihak lainnya sebagai pengelola usaha, disebut dengan mudharib. Menurut UU Perbankan No.10 Tahun 1998, Pembiayaan modal kerja merupakan penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara bank dengan pihak lain yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tersebut setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan atau bagi hasil. Dari latar belakang diatas permasalahan yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah: 1. Bagaimana mekanisme pembiayaan pada produk iB Modal Kerja dengan akad mudharabah di Bank SumSel BaBel Syari`ah Cabang Palembang?, 2. Bagaimana strategi yang dilakukan oleh Bank Sumsel Babel Syari`ah Cabang Palembang untuk meminimalisasi resiko pembiayaan iB Modal Kerja pada akad mudharobah?, 3. Apa faktor Penghambat dan Pendukung nasabah dalam mengajukan permohonan untuk pembiayaan iB Modal Kerja pada Bank Sumsel Babel Syari`ah Cabang Palembang? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data primer adalah data yang diperoleh langsung dari sumber yang diteliti, dengan melakukan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap masalah yang dihadapi. sedangkan Sumber data sekunder adalah data yang mendukung pembahasan dan diperoleh dari orang lain baik berupa laporan-laporan, buku-buku, maupun surat kabar. Adapun metode pengumpulan data penulis juga menggunakan metode wawancara, Observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut:1) penerapan akad mudharabah pada produk iB modal kerja sudah sesuai dengan fatwa DSN Nomor : 07/DSN-MUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Mudharabah, 2) Bank sumsel babel syari’ah menggunakan strategi penerapan manajemen risiko, menganalisis kelayakan nasabah, melakukan survey, dan melakukan pengawasan setelah pencarian dalam meminimaisir terjadinya risiko pembiayaan, 3) faktor yang menghambat nasabah dalam pengajuan pembiayaan yaitu dalam pelengkapan berkas, dan faktor yang mendorong yaitu bank syaria’ah menggunakan sistem bagi hasil tidak menggunakan unsur riba(bunga) Kata kunci: Akad Mudharabah, Pembiayaan Modal Kerja, Bagi Hasil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Yuslaini, M.Pd 2. M. Jauhari, S.E.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Akad Mudharabah, Pembiayaan Modal Kerja, Bagi Hasil
Subjects: Ekonomi Syariah > Bank Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 09 Nov 2020 03:55
Last Modified: 10 Nov 2020 02:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13492

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.