AKTUALISASI METODE DAKWAH RASULULLAH SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM DI DESA BATUMARTA VI KECAMATAN MADANG SUKU III KABUPATEN OKU TIMUR

ABDUS SALAM MAKSUM, NIM. 612016045 (2020) AKTUALISASI METODE DAKWAH RASULULLAH SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM DI DESA BATUMARTA VI KECAMATAN MADANG SUKU III KABUPATEN OKU TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
61216045_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016045_BAB II_SAMPAI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan pengaktualisasian metode dakwah yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam khususnya di desa Batumarta VI Madang Suku III OKU Timur yang sesuai dengan masyarakat dan bisa menyatukan umat Islam serta memperbaiki keadan umat Islam di tengah globalisasi ini. Metodelogi yang dipakai dalam penelitian ini adalah secara deskriptif kualitatif dan dari sumber data penelitiannya yaitu dari populasi dan sampel beserta teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dokumentasi selanjutnya dideskripsikan sesuai dengan masalah penelitian. Beserta tekhnik analisis data dimana penulis telah mengumpulkan seluruh data yang ada, serta penulis memakai metode analisa data yaitu, editing, klasifikasi, tabulasi, interpretasi. Kemudian data yang dianalisis penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian lapangan, yang berusaha menggali data dengan pendekatan kualitatif dan terkumpul melalui observasi terhadap semua aktifitas yang berkaitan dengan penelitian ini, dokumentasi juga dilakukan terhadap beberapa arsip desa Batuamrta VI OKU Timur. Data juga dikumpulkan melalui serangkaian wawancara dengan para da’i, tokoh masyarakat, dan perangkat desa yang ada di desa Batumarta VI OKU Timur. Dalam mengaktualisasikan metode dakwah menjelaskan tentang metode yang di pakai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di zaman sekarang dengan menggunakan berbagai pendekatan-pendekatan baik dalam dunia nyata maupun dunia maya sehingga menjadi tatanan masyarakat yang sejahtera dengan menjunjung nilai keislaman serta menerapkan syariat sesuai dengan perintah Allah subhanahu wata’ala dan Rasulnya (shallallahu ‘alaihi wasallam). Penelitian menyimpulkan bahwa: para da’i mengaktualisasikan metode dakwah yang sudah disusun dengan bentuk program-program dakwah adalah memuat berbagai agende keagamaan yang dibutuhkan oleh masyarakat, baik itu kegiatan yang sudah ditetapkan maupun yang akan direncanakan. Dan keberhasilan serta kesuksesan dalam mensyiarkan Islam karena tekad dan usaha yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Ayu Munawaroh, S.Ag., M.Hum. 2. Nur Azizah, S.Ag., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Aktualisasi dan Metode Dakwah
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Komunikasi Penyiaran Islam > Kritik dakwah
Komunikasi Penyiaran Islam > Masyarakat dakwah
Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 07 Nov 2020 00:46
Last Modified: 07 Nov 2020 00:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13485

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.