MODEL DAKWAH DALAM PEMBINAAN AKHLAK REMAJA DI DESA MUARA KUMBANG KECAMATAN KANDIS KABUPATEN OGAN ILIR

Hablil Umam, NIM. 612016111 (2020) MODEL DAKWAH DALAM PEMBINAAN AKHLAK REMAJA DI DESA MUARA KUMBANG KECAMATAN KANDIS KABUPATEN OGAN ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016111_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
612016111_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Model Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Remaja di Desa Muara Kumbang Kecamatan Kandis Kabupaten Ogan Ilir”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi di Desa Muara Kumbang, mengenai akhlak remaja yang dicerminkan oleh para remaja. Permasalahan-permasalahan yang terjadi pada remaja di Desa Muara Kumbang yaitu sulitnya menerapkan ibadah pada remaja dikarenakan daya tangkap yang lemah, cenderung berduaan dengan lawan jenis yang sulit untuk dilarang keika remaja sedang mengalami masa pubertas, tingginya tingkat emosional ketika sedang mengalami masa puber sehingga kurangnya rasa saling menyayangi terhadap sesama teman dengan prilaku berkelahi, memukul, mendorong, dan kurang nya tingkah laku bertata krama dengan guru. Prilaku-prliaku tersebut sangat menyimpang dari ajaran Islam mengenai akhlak seorang muslim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskritif kualitatif lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan: observasi wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang telah dikumpul di analisis menggunakan metode berpikir induktif. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi yaitu salah satu teknik pengumpulan data yang tidak hanya mengukur sikap dari responden namun juga digunakan merekam fenomenal yang terjadi, kemudian cara kedua yaitu dengan cara interview atau wawancara yang mana penulis mendapatkan informasi dengan cara bertanya langsung kepada responden. Selanjutnya cara ketiga dengan dokumentasi, adalah metode pengumpulan data diperoleh dengan bersumber pada peninggalan tertulis mengenai kegiatan atau kejadian yang darisegi waktu relatif belum terlalu lama. Secara konseptual model dakwah merupakan cara yang harus dipahami oleh para dai untuk menyampaikan apa yang akan disampaikan terhadap audience dan secara kontekstual model ini berdasarkan penelitian diterapkan pada remaja saat pembinaan berlangsung baik model dakwah mauidzhatil khasanah, al-hikmah, maupun bil qolam. Dari hasil penelitian yang dilakukan sehingga dapat membantu masyarakat dalam membina akhlak remaja menjadi mempunyai kepribadian yang baik dalam segala hal baik ucapan perbuatan maupun bergaul di masyarakat sesuai ajaran agama islam yaitu al-qur’an dan sunnah rosullullah saw. Kata kunci: Model dakwah, akhlak, remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Yuniar Handayani, S.H., M.H 2. Nur Azizah,S.Ag.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model dakwah, akhlak, remaja.
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Pendekatan dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 06 Nov 2020 03:36
Last Modified: 06 Nov 2020 03:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13474

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.