PERTANGGUNG JAWABAN NOTARIS DALAM ASPEK PENERBITAN AKTA YANG CACAT HUKUM

M. RIZKI PRATAMA, NIM. 502016003 (2020) PERTANGGUNG JAWABAN NOTARIS DALAM ASPEK PENERBITAN AKTA YANG CACAT HUKUM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502016003_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (933kB) | Preview
[img] Text
502016003_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)

Abstract

PERTANGGUNG JAWABAN NOTARISDALAM ASPEK PENERBITAN AKTA YANG CACAT HUKUM M. RIZKI PRATAMA Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut : 1. Apakah aspek pertanggungjawaban notaris terhadap akta yang cacat hukum ? 2. Langkah-langkah apa yang dilakukan oleh notaris untuk menghindari terjadinya akta yang cacat hukum? Selaras dengan tujuan yang bermaksud untuk mengetahui pengaturan terkait tanggung jawab notaris atas akta yang cacat hukumdan aspek pertanggungjawaban notaris terhadap akta yang cacat hukum, maka jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normative yang bersifat deskriptif (menggambarkan), oleh karenanya tidak bermaksud untuk menguji hipotesa. Teknik penggumpulan data dititikberatkan kepada penelitian kepustakaan dengan cara mengkaji bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menerapkan cara analisis isi (Content Analisys) untuk selanjutnya dikontruksikan kedalam suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Aspek pertanggung jawaban notaris terhadap akta yang cacat hukum : Notaris berwenang untuk memperbaiki akta otentik, Aspek tanggung jawab perdata, Aspek tanggung jawab administratif, Aspek tanggungjawab pidana. 2. Langkah-langkah apa yang dilakukan oleh notaris untuk menghindari terjadinya akta yang cacat hukum melakukan pengenalan terhadap identitas penghadap, memverifikasi secara cermat data subjek dan objek penghadap, memberikan tenggang waktu dalam pengerjaan akta otentik, bertindak hati-hati, cermat dan teliti dalam proses pembuatan akta, memenuhi segala syarat teknik pembuatan akta notaris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Luil Maknun, S.H., M.H. 2. Reny Okpirianti, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab notaris
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 03 Nov 2020 05:24
Last Modified: 03 Nov 2020 05:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13466

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.