PERAN PENYIDIK KEJAKSAAN DALAM MENGUNGKAP PERKARA TINDAK PIDANA KORUPSI

FUTRI AYU WULANDARI, NIM. 502016146 (2020) PERAN PENYIDIK KEJAKSAAN DALAM MENGUNGKAP PERKARA TINDAK PIDANA KORUPSI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502016146_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (864kB) | Preview
[img] Text
502016146_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)

Abstract

Korupsi adalah setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara atau setiap orang yang dengan bertujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara. Korupsi pada kenyataannya membawa kerugian yang amat besar bagi negara maupun pihak swasta. Oleh karena itu, tindakan korupsi ini dapat dikategorikan sebagai kejahatan luar biasa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah kriteria perkara tindak pidana korupsi yang dapat dilakukan oleh penyidik kejaksaan dan bagaimana peran penyidik kejaksaan dalam mengungkap perkara tindak pidana korupsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria perkara tindak pidana korupsi yang dapat dilakukan oleh penyidik kejaksaan sudah diatur sebagaimana yang disebutkan pada Pasal 30 ayat (1) huruf d UU No. 26 Tahun 2004 tentang Kejaksaan yang menyebutkan bahwa “Kewenangan dalam ketentuan ini adalah kewenangan sebagaimana diatur misalnya dalam UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia, dan UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaiman telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 jo UU No. 50 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi.” Kata Kunci: Kejaksaan, Tindak Pidana Korupsi, Kejahatan Luar Biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Luil Maknun, S.H., M.H. 2. Mona Wulandari, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Kejaksaan, Tindak Pidana Korupsi, Kejahatan Luar Biasa.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:20
Last Modified: 02 Nov 2020 03:20
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13460

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.