AKIBAT HUKUM PENGALIHAN HAK MILIK ATAS TANAH KEPADA ORANG ASING MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 5 TAHUN 1960 TENTANG PERATURAN DASAR POKOK-POKOK AGRARIA

EEX RENALDO, NIM. 502015302 (2020) AKIBAT HUKUM PENGALIHAN HAK MILIK ATAS TANAH KEPADA ORANG ASING MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 5 TAHUN 1960 TENTANG PERATURAN DASAR POKOK-POKOK AGRARIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502015302_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502015302_SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perbuatan yang oleh aturan hukum pidana yang dinyatakan sebagai perbuatan yang dilarang dinamakan perbuatan pidana juga disebut orang dengan delik. Menurut wujudnya perbuatan-perbuatan pidana ini adalah perbuatan-perbuatan yang melawan hukum. Perbuatan-perbuatan ini juga merugikan masyarakat, dalam arti bertentangan dengan atau menghambat akan terlaksananya tata tertib dalam pergaulan masyarakat yang dianggap baik dan adil. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah Apakah akibat hukum pengalihan hak milik atas tanah kepada orang asing menurut Undang-Undang No. 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria? Bagaimanakah upaya pengalihan hak milik atas tanah tersebut agar tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria?. Jenis penelitian hukum ini adalah penelitian hukum Normatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan. Sejalan dengan judul dan beberapa permasalahan yang telah dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa: akibat hukum pengalihan hak milik atas tanah kepada orang asing menurut Undang-Undang Pokok Agraria, yaitu : maka hak tersebut hapus karena hukum dan tanahnya jatuh pada Negara dan perbuatan pengalihan hak milik tersebut batal demi hukum. Dan upaya pengalihan hak milik atas tanah tersebut agar tidak bertentangan dengan Undang-Undang Pokok Agraria, yaitu Warga negara Indonesia yang mempunyai hak milik dan setelah berlakunya undang-undang ini kehilangan kewarganegaraannya wajib melepaskan hak itu di dalam jangka waktu satu tahun sejak diperolehnya hak tersebut atau hilangnya kewarganegaraan itu. Kata Kunci: Pengalihan Hak Atas Tanah, Orang Asing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Burhanuddin, S.H., M.H. 2. Heni Marlina, S.H, M.H.
Uncontrolled Keywords: Pengalihan Hak Atas Tanah, Orang Asing.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:41
Last Modified: 22 Oct 2020 04:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13425

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.