PEMBUATAN BIOFILTER DARI TUMBUHAN FITOREMEDIASI APU APU SEBAGAI MEDIA PENURUNAN KADAR COD DAN BOD LIMBAH CAIR DI PERTAMINA RU III PLAJU

ANDRE AZHARI GULTOM, NIM. 122015013 (2020) PEMBUATAN BIOFILTER DARI TUMBUHAN FITOREMEDIASI APU APU SEBAGAI MEDIA PENURUNAN KADAR COD DAN BOD LIMBAH CAIR DI PERTAMINA RU III PLAJU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122015013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
122015013_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PEMBUATAN BIOFILTER DARI TUMBUHAN FITOREMEDIASI APU APU SEBAGAI MEDIA PENURUNAN KADAR COD DAN BOD LIMBAH CAIR DI PERTAMINA RU III PLAJU (Andre Azhari Gultom, 2019, 35 Halaman, 4 Tabel, 5 Gambar) Air adalah zat atau materi yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Menipisnya sumber daya alam dan tingginya pencemaran merupakan salah satu pokok masalah yang sering terjadi di lingkungan. Hal tersebut menyebabkan penurunan kualitas lingkungan. Dalam kegiatan sehari-harinya, Pertamina RU III dari berbagai proses produksinya menghasilkan sejumlah limbah cair. Dalam pengolahanya Biofilter Fitoremediasi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif sederhana guna menurunkan kadar pencemar yang terkandung didalam limbah tersebut. Fitoremediasi dapat diartikan suatu sistem dimana tanaman tertentu yang bekerjasama dengan mikroorganisme dalam media (tanah, koral dan air) dapat mengubah zat kontaminan atau pencemar menjadi kurang atau tidak berbahaya bahkan menjadi bahan yang berguna secara ekonomi. Salah satu tumbuhan hiperakumulator yang dapat digunakan untuk fitoremediasi adalah Tumbuhan Apu Apu (Pistia stratiotes). Tumbuhan apu apu diharapkan dapat menurunkan kadar COD dan BOD pada limbah cair tersebut sehingga dapat aman ketika di kembalikan kelingkungan. Fitoremediasi yang dilakukan dengan berbedaan waktu tinggal mulai dari sebelum di proses oleh tumbuhan apu apu sampai dengan 5 hari setelah di proses. Hasil yang didapatkan bahwa setelah ditambahkan tanaman apu apu mulai dari hari ke 1 sampai hari ke 5 terjadi penurunan kandungan COD dan BOD. sehingga cara ini dianggap mampu untuk digunakan sebagai penurunan kandungan zat pencemar didalam limbah cair sebelum di kembalikan ke lingkungan. Kata kunci : Fitoremediasi, Apu Apu (Pistia stratiotes), Biofilter, Limbah cair.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Legiso, M.Si 2. Ir. Ummi Kalsum, MT
Uncontrolled Keywords: Fitoremediasi, Apu Apu (Pistia stratiotes), Biofilter, Limbah cair
Subjects: Kimia > Bahan Kimia Organis
Kimia > Bioteknologi (Mikrobiologi dan Biokimia)
Kimia > Teknologi Kimia
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 17 Oct 2020 02:09
Last Modified: 17 Oct 2020 02:09
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13313

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.