TANGGUNG JAWAB PENANGGUNG TERHADAP TERTANGGUNG DALAM PERJANJIAN ASURANSI KEBAKARAN

NANDA AULIA PANGESTU, NIM. 502015393 (2020) TANGGUNG JAWAB PENANGGUNG TERHADAP TERTANGGUNG DALAM PERJANJIAN ASURANSI KEBAKARAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
50 2015 393_BAB I SAMPAI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
50 2015 393_BAB II_SAMPAI_BAB AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)

Abstract

NANDA AULIA PANGESTU Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui tanggung jawab pihak asuransi terhadap korban dalam peristiwa kebakaran. (2) Untuk mengetahui hambatan terhadap klaim asuransi kebakaran. Penelitian ini berjenis penelitian normatif. Hasil penelitian ini yaitu (1) Tanggung jawab penanggung terhadap tertanggung dalam peristiwa kebakaran yaitu menggati rugi semua yang terbakar yang terdapat di dalam perjanjian polis yang telah disepakati yaitu seperti rumah atau toko, benda-benda yang juga ikut terbakar semisal sepeda motor yang ikut terbakar di dalam bangunan. Sebab selain bangunan atau rumah (properti), asuransi kebakaran juga menanggung ganti rugi harta benda yang lain, seperti mesin, barang dagangan atau barang persediaan, perabot atau perlengkapan bangunan, dan barang yang tak mendapat pengecualian dalam asuransi. (2) Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam Klaim ganti rugi diantaranya adalah: a) Pertama, klaim yang diajukan tidak sesuai dengan isi polis asuransi Pasal 225 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD), maka pihak asuransi memiliki hak penuh untuk menolak klaim pihak tertanggung.; b) Kedua, Keterlambatan pengajuan, durasi pengajuan klaim sebenarnya sudah diatur di dalam polis asuransi, jika pihak tertanggung telah melewati durasi tersebut, maka besar kemungkinan klaim pihak tertanggung akan ditolak.; c) Ketiga, Kekurangan dan kesalahan dokumen dijelaskan pada Pasal 287 KUHD, d) tidak sesuai dengan yang di asuransikan; f) Pemalsuan dokumen, dalam rangka untuk menguntungkan diri sendiri. Kata kunci: Tanggung jawab penanggung, perjanjian asuransi kebakaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. H. Saifullah Bari, S.H., M.H. 2. Dra. Hj. Lilies Anisah, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab penanggung, perjanjian asuransi kebakaran
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 15 Oct 2020 07:12
Last Modified: 15 Oct 2020 07:12
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13285

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.