KONTRIBUSI PENDAPATAN DAN POLA TANAM AGROFORESTRI DI DESA TANJUNG BERINGIN KECAMATAN TANJUNG LUBUK KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

DIDI ARDIANSYAH, NIM. 452014013 (2020) KONTRIBUSI PENDAPATAN DAN POLA TANAM AGROFORESTRI DI DESA TANJUNG BERINGIN KECAMATAN TANJUNG LUBUK KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452014013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
452014013_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Agroforestri adalah suatu sistem pengelolaan lahan yang merupakan kombinasi antara produksi pertanian, termasuk pohon, buah-buahan dan atau peternakan dengan tanaman kehutanan. Sistem agroforestri merupakan sistem pengelolaan sumber daya alam yang dinamis dan berbasis ekologi, dengan memadukan berbagai jenis pohon pada tingkat lahan pertanian maupun pada suatu bentang lahan. Dilihat dari aspek ekonomi, penerapan sistem agroforestri memiliki masa depan yang cerah. Sebagai sebuah sistem yang memadukan berbagai jenis tanaman alam satu lahan, maka akan memungkinkan naiknya produktifitas hasil panen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola tanam agroforestri yang diterapkan di Desa Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah responden sebanyak 31 responden. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan memberikan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di Desa Tanjung Beringin menerapkan pola tanam agroforestri Randome Mixture dengan menerapkan tanaman pertanian dan tanaman kehutanan ditanam secara tidak beraturan sesuai dengan keinginan petani. Pendapatan rumah tangga responden berasal dari hasil penjualan buah, pendapatan hasil dari palawija. Kontribusi pendapatan agroforestri lebih besar dari pendapatan yang berasal dari non agroforestri (Rp. 80,000.000,-). Hasil agroforestri di Desa Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir memberikan kontribusi dengan pendapatan (seluruh responden) sebesar Rp. 98.906.000,- Per tahun. Kata kunci : Agroforestri, sistem agroforestri, pola tanam, pendapatan, kontribusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Asvic Helida S. Hut., M. Sc 2. Ir. Yayat Hidayat S. Hut. T., M. Si., IPM., ASEAN. Eng.
Uncontrolled Keywords: Agroforestri, sistem agroforestri, pola tanam, pendapatan, kontribusi
Subjects: Kehutanan > Agroindustri
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 15 Oct 2020 06:24
Last Modified: 15 Oct 2020 06:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13273

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.