TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN ASURANSI ATAS KLAIM ASURANSI JIWA DITINJAU DARI UU NO. 40 TAHUN 2014 TENTANG PERASURANSIAN

ABUDZAR AL HAKIM KAMARULLAH, NIM. 502016236 (2020) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN ASURANSI ATAS KLAIM ASURANSI JIWA DITINJAU DARI UU NO. 40 TAHUN 2014 TENTANG PERASURANSIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502016236_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502016236_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

ABSTRAK TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN ASURANSI ATAS KLAIM ASURANSI JIWA DITINJAU DARI UU NO.40 TAHUN 2014 TENTANG PERASURANSIAN Abudzar Al Hakim Kamarullah Asuransi adalah perjanjian antara dua pihak, yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis, yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan pembayaran yang didasarkan pada meninggalnya tertanggung atau pembayaran yang didasarkan pada hidupnya tertanggung dengan manfaat yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana. Hal yang disebutkan diatas tercantum dalam Pasal 1 ayat (1) UU No.40 tahun 2014 tentang Perasuransian. Dalam kegiatan yang sesungguhnya perjanjian asuransi tidak selalu berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, bisa saja salah satu pihak dalam perjanjian ada yang melakukan sebuah kesalahan. Misal apabila pihak Perusahaan asuransi, baik itu dari pihak perusahaan atau dari pihak Agen perusahaan melakukan sebuah kesalahan terhadap premi pemegang polis apa yang menjadi tanggung jawab bagi Perusahaan Asuransi terhadap pemegang polis atau tertanggung. Metode penelitian yang akan penulis ambil adalah metode penelitian hukum normatif yang menggunakan data sekunder yang terdapat dalam kepustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perusahaan asuransi bertanggung jawab atas sebuah klaim yang diajukan oleh tertanggung atau pemegang polis akan dilakukan atau dilaksanakan berdasarkan UU No.40 tahun 2014 tentang perasuransian dan sumber hukum yg lainnya. Penelitian ini juga membahas mengenai tanggung jawab perusahan asuransi apabila ada klaim yang tidak bisa di keluarkan akibat dari kesalahan agen asuransi yang menimbulkan kerugian terhadap si tertanggung atau si pemegang polis. Kata kunci : Tanggung Jawab, Perusahaan Asuransi , Klaim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Rosmawati, SH., SE., MH. Pembimbing 2 : Siti Mardiyati, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Perusahaan Asuransi, Klaim.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:36
Last Modified: 15 Oct 2020 03:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13267

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.