EKSTRAKSI MINYAK KACANG TANAH DENGAN PERBANDINGAN HEKSANA DAN METANOL TERHADAP NILAI pH, ANGKA ASAM DAN PERSEN FFA

Dio Palma Yudistira, NIM. 122018008P (2020) EKSTRAKSI MINYAK KACANG TANAH DENGAN PERBANDINGAN HEKSANA DAN METANOL TERHADAP NILAI pH, ANGKA ASAM DAN PERSEN FFA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
122017008P_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text
122017008P_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK EkstraksiMinyak Kacang Tanah Dengan Perbandingan Heksana dan Metanol Terhadap nilai pH, Angka Asam dan Persen FFA Minyak merupakan campuran ester dari gliserol dan asam lemak rantai panjang yang sering disebut trigliserida. Trigliserida terbentuk dari asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh. Minyak kacang tanah mengandung 76 – 82% asam lemak tak jenuh yang terdiri dari 40 – 45% asam oleat dan30 – 45% asam linoleat. Asam lemak jenuh sebagian besar terdiri dari asam palmitat, sedangkan kadar asam miristat sekitar 5%. Kandungan minyak yang terdapat di dalam kacang tanah cukup tinggi yaitu berkisar antara 40 – 50%. Peneliti menggunakan metode ekstraksi dengan pelarut mudah menguap. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh perbandinganpelarut heksana dan metanol terhadap ekstraksi minyak biji kacang tanah dengan parameter ph, angka asam, dan persen asam lemak bebas sebagai vaiabel tetap dan Variabel volume pelarut dilakukan dengan memvariasikan volume pelarut antara 125 – 225 mL sebagai variabel tidak tetap, sedangkan suhu pengeringan bahan baku dilakukan pada suhu 700 C dalam waktu 90 menit. Hasil ekstraksi kemudian disaring dan filtratnya didistilasi untuk memisahkan minyak dari pelarutnya. Persentase minyak yang terambil dapat dihitung dari perbandingan minyak yang diperoleh terhadap bahan baku. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelarut heksana merupakan pelarut yang baik untuk mengekstraksi biji Kacang tanah, karena pelarut heksana menghasilkan produk minyak yang berwarna kuning jernih dan kualitas nya memenuhi standar kualitas minyak biji Kacang tanah. Kata kunci: Ekstraksi; Minyak kacang tanah; Heksana dan Methanol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Netty Herawati, S.T, M.T 2. Heni Juniar S.T, M.T
Uncontrolled Keywords: Ekstraksi; Minyak kacang tanah; Heksana dan Methanol.
Subjects: Kimia > Teknologi Minyak, Lemak, lilin dan Gas Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 07 Oct 2020 04:23
Last Modified: 07 Oct 2020 04:23
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13163

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.