Efektivitas Majelis Taklim El-Fajr Terhadap Pembinaan Perilaku Di Kelurahan Suka Maju Kecamatan Sako Palembang

SUSILA HERIANTI, NIM. 612016075 (2020) Efektivitas Majelis Taklim El-Fajr Terhadap Pembinaan Perilaku Di Kelurahan Suka Maju Kecamatan Sako Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016075_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016075_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Susila Herianti, NIM: 612016075, Skripsi 2020. Judul: Efektivitas Majelis Taklim El-Fajr Terhadap Pembinaan Perilaku Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Suka Maju Kecamatan Sako Palembang, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Berawal dari masalah lingkungan sosal perilaku ibu rumah tangga yang terlihat menunjukkan perubahan semakin membaik didalam kehidupan sehari-hari setelah mengikuti Majelis Taklim El-Fajr secara rutin, maka timbul permasalahan yaitu bagaimana efektivitas Majelis Taklim El-Fajr terhadap pembinaan perilaku ibu rumah tangga di Kelurahan Suka Maju Kecamatan Sako Palembang dan bagaimana dampak kegiatan Majelis Taklim El-Fajr terhadap pembinaan perilaku ibu rumah tangga di Kelurahan Suka Maju Kecamatan Sako Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas Majelis Taklim El-Fajr dan dampak pembinaan perilaku ibu rumah tangga di Kelurahan Suka Maju Kecamatan Sako Palembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fieldresearch) yaitu suatu telaah yang secara sistematis,faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat populasi didaerah tertentuataupenelitianyang langsung dilakukan dilapangan,Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 jamaah Majelis Taklim sedangkan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancaradan dokumentasi. Setiap teknik pengumpulan data akan digunakan menjadi bahan kajian penelitian, terutama teknik wawancara yang akan diolah secara deskriptif, selanjutnya dijabarkan sebagai bentuk dari hasil wawancara. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi kemudian penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, efektivitas Majelis Taklim belum sepenuhnya terlaksana dengan baik karena masih terdapat beberapa faktor penghambatnya, yaitu beberapa kegiatan yang terhambat oleh waktu yang berjauhan dan lokasi yang belum memadai, dan faktor pendukungnya cukup baik sebagian para ustadz dan ustadzah nya serta jama’ahnya sama-sama memberikan waktu dan selalu hadir baik di lokasi maupun di media sosial atau kelas online, dan para jama’ahnya rata-rata telah menempuh pendidikan yang cukup tinggi serta tingkat kesadaran para ibu rumah tangga untuk hadir di Majelis mereka cukup kuat, dan dampak dari Majelis Taklim ini sangat baik, banyak perubahan yang dialami oleh ibu rumah tangga baik perilaku di rumah tangga, sosial, ibadah dan lain sebagainya. Kata Kunci: Evektivitas, Majelis Taklim, Perilaku Ibu Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Azwar Hadi, S.Ag., M.Pd.I 2. Idmar Wijaya, S.Ag.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Majelis Taklim Pembinaan Perilaku Ibu Rumah Tangga
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:31
Last Modified: 06 Oct 2020 04:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13138

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.