PENEGAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN BISNIS ONLINE PENJUALAN MASKER (STUDI PADA POLDA SUMATERA SELATAN)

ALSAFIRA MUKADIMAH, NIM. 502016267 (2020) PENEGAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN BISNIS ONLINE PENJUALAN MASKER (STUDI PADA POLDA SUMATERA SELATAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502016267_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502016267_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)

Abstract

ABSTRAK PENEGAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN BISNIS ONLINE PENJUALAN MASKER (STUDI PADA POLDA SUMATERA SELATAN) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyelesaian kasus tindak pidana yang dilakukan oleh anak di bawah umur. Penelitian ini dilakukan di Polda Sumatera Selatan yang berada di Kota Palembang untuk mendapatkan data primer dan data sekunder yang berhubungan langsung dengan penulisan skripsi ini. Metode pendekatan yang digunakan adalah penelitian empiris sosiologis. Adapun teknik pengumpulan data yaitu data yang diperoleh dari studi lapangan dan wawancara langsung dengan pihak kepolisian. Aparat penegak hukum yang bertanggung jawab dan terkait langsung dalam menangani perkara tindak pidana anak. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Perkembangan teknologi internet telah menciptakan sebuah masyarakat baru yang disebut sebagai masyarakat berjejaring yang melakukan interaksi sosial secara maya. Seperti juga dalam interaksi sosial tanpa media, dalam interaksi maya terdapat perilaku menyimpang dari peserta interaksi salah satunya adalah penipuan dalam media sosial. Kejahatan yang sering terjadi dalam media internet adalah penipuan dengan mengatasnamakan bisnis online dengan menggunakan media internet. Yang menawarkan berbagai macam produk penjualan yang dijual dengan harga di bawah rata-rata demi memperkaya diri sendiri, para pelaku melanggar aturan dan norma-norma hukum yang berlaku. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normative dan yuridis empiris yaitu pendekatan dengan melihat ketentuan-ketentuan hukum yang ada dengan maksud memberikan penjelasan tentang Tindak pidana penipuan saat ini semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Studi ini bertujuan untuk menjelaskan tentang penanganan hukum pidana, proses pembuktian serta sanksi terhadap tindak pidana penipuan bisnis online di Polda Sumatera Selatan menurut hukum positif dan hukum Islam. Penelitian ini bertujuan yang pertama, mengetahui penegakan dan sanksi hukum terhadap tindak pidana penipuan berbasis penipuan bisnis online dan kedua, mengetahui faktor-faktor penghambat dalam penegakan hukum pidana terhadap tindak pidana penipuan berbasis penipuan bisnis online. Cybercrime merupakan kejahatan yang memanfaatkan perkembangan teknologi komputer khususnya internet. Internet yang menghadirkan cyberspace dengan realitas virtualnya menawarkan kepada manusia berbagai harapan dan kemudahan. Kata Kunci : Penipuan, Cybercrime, Bisnis Online, Pembuktian, Sanksi Hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Hj. Sri Sulastri, S.H, M.Hum Pembimbing 2 : Ridwan Hayatuddin, S.H, MH.
Uncontrolled Keywords: Penipuan, Cybercrime, Bisnis Online, Pembuktian, Sanksi Hukum
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 07 Oct 2020 03:56
Last Modified: 07 Oct 2020 03:56
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13102

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.