PERANAN ORANG TUA PENGHAPAL AL-QURAN TERHADAP MOTIVASI ANAK MENJADI PENGHAFAL AL-QURAN DI RUMAH QURAN EL-FAJR KELURAHAN SIALANG SUKAMAJU KECAMATAN SAKO PALEMBANG

DEWI RATIH, NIM. 612016087 (2020) PERANAN ORANG TUA PENGHAPAL AL-QURAN TERHADAP MOTIVASI ANAK MENJADI PENGHAFAL AL-QURAN DI RUMAH QURAN EL-FAJR KELURAHAN SIALANG SUKAMAJU KECAMATAN SAKO PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016087_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016087_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hampir semua orang-orang Mukmin menginginkan menjadi penghafal Al-Quran baik untuk dirinya sendiri maupun anak dan keluarga. Oleh karena itu penulis termotivasi untuk mengetahui peranan orang tua penghafal Al-Quran terhadap motivasi anak menjadi penghafal Al-Quran, khususnya di Rumah Quran El-Fajr karena Rumah Quran ini mencakup semua elemen penghafal Al-Quran di lingkungan khususnya keluarga. Mulai dari jama’ah Ayah, Ibu, remaja hingga anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa serta menggambarkan peranan orang tua penghafal Al-Quran di Rumah Quran El-Fajr Kelurahan Sialang Sukamaju Kecamatan Sako Palembang serta kendala dan motivasi anak menjadi penghafal Al-Quran. Penelitian ini merupakan penelitian mixing (penggabungan). Penelitian ini dilakukan dilakukan dengan menggunakan metode penelitian lapangan atau disebut juga pengumpulan data dan Teknik analisa data. Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan observasi Dari hasil penelitan ini dapat disimpulkan bahwa peranan orang tua penghafal Al-Quran terhadap motivasi anak menjadi penghafal Al-Quran di Rumah Quran Elfajr Kelurahan Sialang Sukamaju Kecamatan Sako Palembang sangat berpengaruh untuk mengatasi kendala-kendala dan motivasi anak-anak, hal ini dilihat dari hasil wawancara kepada seluruh orang tua penghafal Al-Quran Level I di Rumah Quran El-Fajr Kelurahan Sialang Sukamaju Kecamatan Sako Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) peranan orang tua penghafal Al-Quran terhadap motivasi anak menjadi penghafal Al-Quran di Rumah Quran El-Fajr Kelurahan Sialang Sukamaju Kecamatan Sako Palembang sangat penting dan berpengaruh pada perkembangan dan motivasi anak menjadi penghafal Al-Quran, (2) Peranan keluarga, lingkungan dan media Pendidikan merupakan faktor pendukung yang harus diterapkan guna menjadi solusi untuk menghadapi atau memecahkan kendala-kendala yang dialami serta memotivasi anak-anak menjadi penghafal Al-Quran. Sebagaimana penjelasan dan uraian diatas serta penelitian yang dilakukan penulis. Maka, dapat disimpulkan bahwa peranan orang tua pnghafal Al-Quran terhadap motivasi anak menjadi penghafal Al-Quran sangatlah berpengaruh. Hal tersebut merupakan solusi dan kunci dasar untuk mengatasi kendala-kendala serta memotivasi anak-anak secara langsung, berkesinambungan serta menjadikan suatu pembiasaan yang permanen secara keselurahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Sri Yanti, S.Pd., M.Pd. 2. M. Jauhari, S.E., M.H.I.
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 03 Oct 2020 07:29
Last Modified: 03 Oct 2020 07:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13078

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.