PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA MANAJER INVESTASI TERHADAP INVESTOR YANG DIRUGIKAN DALAM REKSA DANA

Upit Triyani, NIM. 502016055 (2020) PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA MANAJER INVESTASI TERHADAP INVESTOR YANG DIRUGIKAN DALAM REKSA DANA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502016055_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502016055_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)

Abstract

ABSTRAK PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA MANAJER INVESTASI TERHADAP INVESTOR YANG DIRUGIKAN DALAM REKSA DANA UPIT TRIYANI Manajer investasi adalah pihak yang mengelola portofolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi dana pensiun dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkajiBagaimanakah pertanggungjawaban perdata manajer investasi reksadana sebagai pengelolainvestasi yang telah merugikan investor nya dan Apakah upaya yang dapat dilakukan oleh investor reksa dana terhadap manajer investasi yang telah merugikannya. Penelitian ini adalah penelitian hukum normative yang dilakukan dengan cara mengkaji dan menganalisis bahan-bahan kepustakaan yang berupa literatur buku perundang-undangan. Berdasarkan penelitian dipahami bahwa Pertanggungjawaban perdata Manajer Investasi terhadap Investor Yang dirugikan dalam Reksa Dana Saham yaitu apabila terbukti melakukan perbuatan yang dilarang dalamperjanjian (Kontrak Investasi Kolektif), peraturan perundang-undangan sampai dengan peraturan BAPEPAM-LK sehingga menyebabkan kerugian pada Investor, maka Manajer Investasi bertanggung jawab atas segala kerugian yang diderita investor akibat pelanggaran yang dilakukannya dan Upaya yang dapat dilakukan oleh investor reksadana terhadap manajer investasi yang merugikannya yaitu apabila kerugian yang timbul telah tercantum dalam resiko investasi dalam prospektus maka manajer investasi tidak bisa dimintai pertanggungjawaban, namun apabila sampai mengakibatkan gagal bayar maka manajer investasi wajib memberikan ganti rugi. Kata Kunci : Pertanggungjawaban Perdata,Manajer Investasi, Reksa Dana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Serlika Aprita, S.H., M.H. 2. Dra.Hj. Lilies Annisah, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pertanggungjawaban Perdata, Manajer Investasi, Reksa Dana.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 01 Oct 2020 07:38
Last Modified: 01 Oct 2020 07:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13025

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.