Pengembangan Media Interaktif Berbasis iSpring pada Materi Puisi Rakyat di Sekolah Menengah Pertama

Koo Bintang Adi Saputra, NIM. 312017052P (2020) Pengembangan Media Interaktif Berbasis iSpring pada Materi Puisi Rakyat di Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017052P_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312017052P_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Saputra, Koo Bintang Adi. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis iSpring pada Materi Puisi Rakyat di Sekolah Menengah Pertama. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Supriatini, S.Pd., M.Pd. (II) Drs. H. Refson Rasyid, M.Pd. Kata kunci: media pembelajaran, interaktif, ispring. Pendidikan di era teknologi seperti saat ini telah menuntut pendidik agar dapat berinovasi dan memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan terus dilakukan. Hal ini terlihat dari perubahan kurikulum yang dilakukan secara terus menerus. Minimnya media dan sumber belajar interaktif yang digunakan di dalam proses pembelajaran mengakibatkan peserta didik cepat merasa bosan, dan jenuh apabila tidak menggunakan media pembelajaran berbasis elektronik dan hanya mendengarkan pembelajaran dari pendidik saja. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran interaktif yang sederhana yaitu hanya menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint dengan aplikasi tambahan iSpring yang dapat membuat media presentasi PowerPoint menjadi interaktif, menarik, dan tidak membosankan sehingga peserta didik diharapkan dapat memahami materi puisi rakyat dengan penggambaran serta pemahaman yang lebih baik. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah (1)mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik Bahasa Indonesia terhadap media pembelajaran interaktif berbasis iSpring pada materi puisi rakyat di sekolah menengah pertama, (2)mendeskripsikan rancangan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis iSpring pada materi puisi rakyat di sekolah menengah pertama, dan (3)mendeskripsikan validitas media pembelajaran interaktif hasil pengembangan berbasis iSpring pada materi puisi rakyat di sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (Sugiyono, 2016:297) dengan prosedur pengembangan Alessi dan Trollip (2001). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket tertulis untuk tujuan validasi media. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif berbasis iSpring pada Materi Puisi Rakyat di Sekolah Menengah Pertama dinyatakan sangat valid oleh validator ahli media, valid oleh ahli bahasa, dan sangat valid oleh ahli materi, serta dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Supriatini, S.Pd., M.Pd. 2. Drs. H. Refson Rasyid, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, interaktif, ispring
Subjects: Administrasi Pendidikan > Mengajar dan Pengajar
Bahasa Indonesia > Puisi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 30 Sep 2020 07:40
Last Modified: 30 Sep 2020 07:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12992

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.