ANALISIS NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL DI ANTARA DUA SUJUD KARYA MUHAMMAD IRATA DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

NIARSI KUSMALIA, NIM. 312016028 (2020) ANALISIS NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL DI ANTARA DUA SUJUD KARYA MUHAMMAD IRATA DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
312016028_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
312016028_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

Kusmalia, Niarsi. 2020 Analisis Nilai-Nilai Religius dalam Novel Di Antara Dua Sujud Karya Muhammad Irata dan Rancangan Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. H. Refson, M.Pd., (II) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd. Kata Kunci: nilai-nilai religius, novel. Latar belakang dalam penelitian novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata merupakan novel yang menggambarkan keteguhan iman seorang pemuda yang diuji oleh berbagai fitnah dunia, kedua pemuda itu sangat taat beribadah dan sangat menjaga keimanannya dari godaan para wanita di sekitarnya. Masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai religius apa saja yang terdapat dalam novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai religius yang terdapat dalam novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata dan menjelaskan bagaimana rancangan pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif adalah metode yang digunakan untuk memecahkan masalah yang diteliti dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan didaktis, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik Content Analysis. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Syariat, yaitu menganalisis nilai-nilai ibadah yang terdapat dalam novel 2) Akhlak atau budi pekerti (sabar, taubat, optimistis, bersyukur, berbakti kepada kedua orang tua, dan, tolong menolong). Kesimpulannya bahwa novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata mengandung nilai-nilai religius 1) syariat (ibadah), 2) Akhlak atau budi pekerti (sabar, taubat, optimistis, bersyukur, berbakti kepada kedua orang tua, dan tolong menolong). Novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata sangat baik untuk dibaca bagi penikmat sastra, karena di dalam novel ini banyak memberikan manfaat dan pesan yang baik yang dapat dijadikan pelajaran dalam menjalani kehidupan nyata serta memberikan manfaat untuk belajar sastra bagi anak SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. H. Refson, M.Pd. 2. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: nilai-nilai religius, novel.
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 30 Sep 2020 07:23
Last Modified: 30 Sep 2020 07:23
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12979

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.