PELAKSANAAN PERJANJIAN LELANG SUNGAI DI BIDANG PERIKANAN ANTARA PEMENANG LELANG, NELAYAN, DAN PEMERINTAH DESA BUNGA KARANG KECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN

MUHAIMIN, NIM. 502016330 (2020) PELAKSANAAN PERJANJIAN LELANG SUNGAI DI BIDANG PERIKANAN ANTARA PEMENANG LELANG, NELAYAN, DAN PEMERINTAH DESA BUNGA KARANG KECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502016330_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
502016330_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PELAKSANAAN PERJANJIAN LELANG SUNGAI DI BIDANG PERIKANAN ANTARA PEMENANG LELANG, NELAYAN, DAN PEMERINTAH DESA BUNGA KARANG KECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN Oleh Muhaimin Desa Bunga Karang adalah desa yang terletak di Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin dengan luas wilayah 6.253 (ha) dengan jumlah penduduk 1.506 jiwa yang mayoritas tinggal di pesisir sungai menjadikan Desa Bunga Karang Kecamatan Tanjung Lago sebagai desa yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan tradisional, dengan demikian masyarakat desa Bunga Karang memiliki tradisi yaitu lelang sungai di bidang perikanan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis, pelaksanaan perjanjian lelang sungai di bidang perikanan di Desa Bunga Karang Kecamatan Tanjung Lago, penyelesaian perselisihan jika ada salah satu pihak pelaksanaan perjanjian lelang sungai di bidang perikanan di Desa Bunga Karang Kecamatan Tanjung Lago melakukan wanprestasi. Penelitian ini adalah penelitian empiris yang bersifat deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara dengan pihak terkait. Hasil penelitian adalah: (1) Pelaksanaan Perjanjian lelang sungai di bidang perikanan sudah menggunakan perjanjian secara tertulis tetapi hanya mengikat dua pihak yaitu pemerintah desa dan pemenang lelang sedangkan perjanjian antara pemenang lelang dan nelayan hanya menggunakan asas kepercayaan dan tidak memiliki sanksi jika ada yang melanggar. (2) Penyelesaian perselisihan apabila ada salah satu pihak yang wanprestasi dalam pelaksanaan perjanjian lelang sungai di bidang perikanan antara pemenang lelang, nelayan, dan Pemerintah desa yaitu ada 2 macam (a) Antara pemerintah desa dan pemenang lelang jika salah satu pihak ada yang wanprestasi maka akan di lakukan musyawarah antara kedua belah pihak apa bila tidak dapat di selesaikan tidak menutup kemungkinan untuk mengambil jalur hukum. (b) Sedangkan antara pemenang lelang dan nelayan jika adanya wanprestasi penyelesaiannya hanya dengan teguran dan hilangnya kepercayaan dan sanksi yang di terima hanya larangan mencari ikan bagi nelayan di wilayah pemenang lelang tersebut. Kata Kunci: Pelaksanaan dan Perjanjian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Khalisah Hayatuddin, S.H., M.Hum. 2. H. Abdul Hamid Usman, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan dan Perjanjian
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 30 Sep 2020 06:55
Last Modified: 30 Sep 2020 06:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12933

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.