PERANCANGAN ALAT PENCACAH SAMPAH PLASTIK MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING

fachrul rozi, NIM. 152016025 (2020) PERANCANGAN ALAT PENCACAH SAMPAH PLASTIK MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152016025_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
152016025_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)

Abstract

Sampah plastik adalah material yang sulit terurai ketika tertimbun di tanah. Banyaknya sampah plastik hasil aktivitas manusia dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Alasan dilakukan perancangan alat pencacah sampah plastik ini dikarenakan harga mesin yang sudah dipasarkan memiliki harga yang mahal. Harga yang berada di pasaran berkisar sekitar Rp.18.000.00,- sampai Rp.30.000.000,- tergantung dari spesifikasi mesin. Selain harga mesin itu sendiri, alasan yang melatarbelakangi perancangan alat pencacah sampah plastik ini dikarenakan permasalahan mengenai sampah khususnya sampah plastik di kota Palembang yang hingga saat ini masih belum bisa di atasi secara optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka di lakukan perancangan ulang alat pencacah sampah plastik dengan menggunakan metode Value Engineering. Dari hasil penelitian dan analisa diketahui bahwa perancangan ulang mesin pencacah sampah plastik memiliki keuntungan yaitu 1. Hasil plastik yang dicacah dapat di atur mau halus atau kasar, 2.Tidak membutuhkan keahlian khusus, 3.Bisa digunakan oleh masyarakat, 4.Mempermudah dalam mengolah sampah plastik.5.Dapat di pindah dengan mudah, 6. Bagian-bagian dari mesin mudah ditemukan/mudah didapat dipasaran, 7.Sparepart mudah didapat dan mudah diganti, 8.Suara yang di hasilkan mesin tidak berisik, 9.Perawatan mesin mudah dilakukan, 10.Mudah merakit mesin dengan biaya nilai VE yang dikeluarkan sebesar 1,93. Biaya total yang dikeluarkan setelah dilakukan perancangan ulang yaitu sebesar Rp.5.545.000,-.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1.Ir.A Ansyori Masruri, M.T, 2.Nidya wisudawati, ST.,M.T.,M.Eng
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Pencemaran Lingkungan, Value Engineering.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 01 Oct 2020 06:35
Last Modified: 01 Oct 2020 06:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12924

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.