Perancangan & pembuatan alat perontok biji jagung sederhana menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD)

M. Budi Raharjo, NIM. 152016038 (2020) Perancangan & pembuatan alat perontok biji jagung sederhana menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152016038_BAB_I_DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
152016038_BAB_II_SAMPAI_BAB_TERAKHIR[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Usaha Bapak Solikin tersebut bergerak pada bidang proses pemipilan jagung, dimana proses pemipilin tersebut yaitu memisahkan biji jagung dengan bonggol jagung guna sebagai pakan ternak. Pada proses pemipilan jagung masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan cara menggunakan tangan. Hal tersebut menimbulkan permasalahan diantaranya memakan waktu yang sangat lama dan tidak efisien bagi para pekerja. Yang mana pembuatan alat tersebut bertujuan untuk mengurangi penggunaan tempat yang digunakan untuk pemipilan jagung dan mempercepat proses pemipilan. Dengan menerapkan metode QFD penulis mengetahui serta membuat alat perontok biji jagung sederhana berdasarkan spesifikasi produk yang diinginkan konsumen. Setelah itu dibuat, desain produk alat perontok biji jagung yang akan dibuat kemudian masuk ke proses pembuatan alat. Setelah alat selesai kemudian alat dilakukan uji coba didapat perbandingan waktu yang dihabiskan untuk proses pemipilan dengan cara tradisional yaitu rata-ratamenghasilkan 24 kg/jam sedangkan menggunakan alat perontok biji jagung sederhana rata-ratamenghasilkan 120 kg/jam jadi proses pemipilan yang dilakukan mampu mempercepat prosesnya yaitu 96 kg/jam.Alat pemipil biji jagung sederhana yang memiliki ukuran bagian bawah yaitu 51 cm x 27 cm dengan tinggi input 40 cm dan bagian atas 48 cm x 22 cm dengan tinggi output 35 cm yang memudahkan alat untuk dipindahkan dan tidak memakan banyak tempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Achmad Alfian, S.T.,M.T 2. Masayu Rosyidah S.T.,M.T
Uncontrolled Keywords: QFD, rancang alat, desain produk, pembuatan alat, perontok biji jagung.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 01 Oct 2020 06:30
Last Modified: 01 Oct 2020 06:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12919

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.