PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP NEGERI 35 PALEMBANG

Ayuning Safitri, NIM. 622016018 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP NEGERI 35 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622016018_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622016018_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ayuning Safitri NIM 622016018, Skripsi dengan judul PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 35 PALEMBANG. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang Tahun 2020. Peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran siswa di setiap jenjang pendidikan perlu diwujudkan agar di peroleh kualitas sumber daya manusia yang dapat menunjang pembangunan nasional di negara indonesia. Salah satu upaya untuk meningkatkan hal tersebut yakni dengan meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk itu penggunaan media khusus nya media audio visual dalam proses pembelajaran sangat di perlukan demi membantu siswa dalam memahami materi. Metode mengajar tradisional yang menekankan pada guru bercerita dan siswa mendengarkan harus lebih banyak di hindari agar keaktifan siswa menigkat. Media pembelajaran audio visual adalah media yaang dapat memudahkan siswa untuk memahami materi, melatih konsentrasi dan fokus siswa terhadap materi serta membantu mengembangkan pengetahuan pada siswa dengan menghadirkan contoh konkrit di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas 7 pada mata pelajaran PAI di SMP N 35 Palembang. 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas 7 pada mata pelajaran PAI di SMP N 35 Palembang. Untuk mencapat tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Instrumen penelitian adalah angket dan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebelum Penerapan media pembelajaran audio-visual pada mata pelajaran pendidikan agama islam hasil belajar siswa kelas VII.2 di SMP Negeri 35 palembang artinya, dalam proses belajar- mengajar adalah cukup dengan persentase 73,33 % anak mengerti apa yang di jelaskan oleh pendidik dan dapat menerima proses pembelajaran sebelum menggunakan media pembelajaran audio – visual. hasil pre-test siswa kelas VII.1, setelah Penerapan Media Audio visual pada mata pelajaran pendidikan agama islam , hasil belajarnya baik , dengan persentase 82,7 % setelah penerapan media audio visual berubah menjadi kategori baik. Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Media Audio visual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Suroso.,S.Ag.,M.Pd.I. 2. Yuniar Handayani.,SH.,MH.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Media Audio Visual
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 07 Oct 2020 02:30
Last Modified: 07 Oct 2020 02:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12913

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.