PERANAN DA’I DAN DAIYAH DALAM MENINGKATKAN AKHLAK REMAJA MASJID Al-MUKMININ KAMPUNG TELADAN Jl. SILABERANTI KEL. SILABERANTI KEC. JAKABRING PALEMBANG

Ayu Listari, NIM. 612016010 (2020) PERANAN DA’I DAN DAIYAH DALAM MENINGKATKAN AKHLAK REMAJA MASJID Al-MUKMININ KAMPUNG TELADAN Jl. SILABERANTI KEL. SILABERANTI KEC. JAKABRING PALEMBANG. Skripsi thesis, universitas muhammadyah palembang.

[img]
Preview
Text
612016010 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016010 BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)

Abstract

ABSTRAK Ayu Listari : Skripsi dengan judul “Peran Dai Dan Daiyah Dalam Meningkatkan Akhlak Remaja Masjid Al-mukminin Kampung Teladan Jl, Silaberanti Kel, Silaberanti Kec, Jakabring Palembang”. Adapun latar belakang penelitian ini ingin mengertahui tingkat kesadaran para Dai dalam meningkatkan Akhlak Remaja masjid di kehidupan sehari-hari, dengan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesadaran para Dai dalam meningkatkan Akhlak Remaja dalam dikehidupan sehari-hari di dalam tantangan hambatan dari keluarga, dari sekolah dan lingkungan masyarakat. Akhlak adalah sesuatu yang sangat penting, karena berfungsi sebagai aktualisasi pendidikan islam. Juga Akhlak dalam bahasa Arab merupakan jamak dari khuluk yang mengandung beberapa arti didalamnya :” Tabiat, sifat, dalam diri yang terbentuk oleh manusia tampa dikehendaki dan tampa diupayakan, adat, yaitu sifat dalam diri yang diupayakan oleh manusia melalui latihan, yakni berdasarkan keinginananya, dan watak, cangkupannya meliputi hal-hal yang menjadi tabiat dan hal-hal yang diupayakan sehingga menjadi adat. Selanjutnya dijelaskan bahwa akhlak adalah “ sesuatu keadaan dalam diri yang mengajaknya kepada bebagai tindakan tampa perlu berfikir dan pertimbangan. Dalam penelitian mengambil sampel adalah Remaja Masjid Al-Mukminin Kampung Teladan Jl, Silaberanti Kel, Silaberanti Kec, Jakabring palembang. Berjumlah 20 remaja dan 10 Da’i dan Da’iyah di masjid al-mukminin, sedangkan pengumpulan data mengunakan angket, wawancara, observasi. Untuk teknik analisa data menggunakan analisa kuantitatif. Analisa data yang dapat disimpulkan sebagian besar peran Dai dalam Meningkatkan Akhlak Remaja Masjid Al-Mukminin Kampung Teladan Jl, Silaberanti Kel, Silaberanti Kec, Jakabring palembang. Berdasarkan dari 25 Remaja (100%) masjid kampung teladan , sedangkan yang menjawab tidak setuju tidak ada. Sedangkan faktor-faktor dan penghambat dan pendukung para dai dalam meningkatkan akhlak remaja masjid adalah: jiwa keagamaan ,sikaf positif Remaja, dukungan para orang tua untuk belajar dimasjiduntuk mengikutin kajian rutin, dan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti menghafal Al- Qur’an dan hadis dll Sedangkan faktor penghambat para dai dalam meningkatkan akhlak remaja masjid ialah: Tidak taat peraturan, kurang kesadaran diri, selalu mengantuk ketika sedang belajar, pengaruh teman linhkungan, paksaan orang tua, dan Fasilitas yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr.Suroso, S. Ag., M.PdI 2. Titin Yenni, S.Ag M.Hum
Uncontrolled Keywords: Peran Da'i dan Da'iyah
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:29
Last Modified: 30 Sep 2020 05:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12903

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.