Pola Komunikasi Da'i Dalam Pembinaan Akhlak Masyarakat Desa Seritanjung Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir

Musa, NIM.612016099 (2020) Pola Komunikasi Da'i Dalam Pembinaan Akhlak Masyarakat Desa Seritanjung Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016099_BAB 1 _DAFTAR USTAKA..pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text
612016099_BAB II_BAB AKHIR..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama: Musa. NIM. 612016100. Skripsi dengan judul:Pola Komunikasi Da’i Dalam Pembinaan Akhlak Masyarakat Desa Seri Tanjung Kecamatan Tanjung Lubuk Ogan Komering Ilir, Program Studi: Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanan Pola Komunikasi Da’i Dalam Pembinaan Akhlak Masyarakat Desa Seri Tanjung Kecamatan Tanjung Lubuk Ogan Komering Ilir, faktor yang mempengaruhi Pola Komunikasi Da’i Dalam Pembinaan Akhlak Masyarakat Desa Seri Tanjung Kecamatan Tanjung Lubuk Ogan Komering Ilir. Latar belakang dari penelitian ini adalah di mana peneliti ingin mengetahui bentuk-bentuk pola komunikasi Da’i serta tujuan dan fungsinya. Hal itu didasari oleh pengamatan yang dilakukan terhadap masyarakat Desa Seri Tanjung. Peneliti juga ingin mengetahui bagaimana masyarakat Desa Seri Tanjung dalam melaksanakan akhlak serta faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam pola komunikasi da’i dalam pembinaan akhlak masyarakat Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah data kualitatif atau penelitian langsung di lapangan. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi yaitu salah satu teknik pengumpulan data yang tidak hanya mengukur sikap dari responden namun juga digunakan merekam fenomenal yang terjadi, kemudian cara kedua yaitu dengan cara interview atau wawancara yang mana penulis mendapatkan informasi dengan cara bertanya langsung kepada responden. Selanjutnya cara ketiga dengan dokumentasi, adalah metode pengumpulan data diperoleh dengan bersumber pada peninggalan tertulis mengenai kegiatan atau kejadian yang dari segi waktu relatif belum terlalu lama. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa pola komunikasi dalam pembinaan akhlak dalam prakteknya seorang da’i melakukan komuniksi persuasif sebagai upaya membangun jaringan dan kepercayaan pada jamaah khususnya masyarakat Desa Seri Tanjung untuk mendukung dan mau berkerja sama dalam proses merealisasikan ide – ide yang beliau sampaikan terutama dalam hal pembinaan akhlak masyarakat desa Seri Tanjung percaya dan mentaati apa yang telah diberitakan oleh Rasul untuk menyembah kepada Allah supaya selamat di dunia dan akhirat. Sehingga pola pelaksanaan dakwah yang dilakukan oleh masyarakat dalam menjalankan tradisi nya itu menjadikan masyarakat mampu mengamalkan akhlak yang mulia sesuai ajaran islam dalam kehidupan bermasyarakat sebagai wadah ekspresi keagaman,sebagai alat pengikat kelompok, benteng pertahanan kelompok, dan sebagai penjaga keseimbangan lahir dan batin, Pola komunikasi da’i juga dapat dipengaruhi pada Al qur,an dan hadist, sehingga dalam prakteknya harus sesuai dengan akhlak mulia tuntunan Rosululllah dan para sahabat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1.Ayu Munawarah S.Ag.,M.Hum 2.Nur Azizah, S.Ag.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Da'i dan Pembinaan Akhlak Masyarakat
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:02
Last Modified: 30 Sep 2020 03:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12885

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.